Thursday, May 23, 2024
spot_img

7 Tips Memilih Buah Durian yang Enak dan Dagingnya Tebal

Pontianak Today – Buah durian memiliki bau yang tajam, berdaging tebal dan rasa manis khas. Bagi pecinta buah yang satu ini wajib memiliki pengetahuan bagaimana cara memilih buah durian enak dan berdaging tebal.

  1. Pilih Durian yang Berbentuk Bulat
    Menurut pedagang buah, durian yang berbentuk bulat cenderung memiliki isi yang lebih banyak dibanding dengan durian yang berbentuk lonjong.
  2. Pilih Durian yang Ringan
    Meski ukuran durian sama, namun sangat disarankan memilih durian yang ringan saat dipegang. Hal ini dikarenakan semakin berat buah semakin besar bijinya sehingga daging buah cenderung lebih tipis.
  3. Pilih Tangkai Durian Tebal, Pendek, dan Tak Kering
    Tangkai durian yang tebal dan pendek memberi tanda bahwa buah tersebut mengandung isi yang tebal dan banyak. Tangkai yang kering biasanya menandakan bahwa daging durian sudah terlalu lama sehingga rasanya akan kecut atau tawar.
  4. Berbunyi Apabila Digoncang
    Apabila buah durian digoncang dan mengeluarkan bunyi menurut pedagang isi buah sudah matang dan siap disantap. Isi durian yang masih mentah biasanya akan lembek sehingga tidak mengeluarkan bunyi yang semestinya.
  5. Hirup Bau Durian
    Durian matang akan mengeluarkan bau khasnya yang manis dengan kombinasi pahit. Durian seperti ini cenderung memiliki daging yang enak dan manis.
  6. Duri yang Besar, Pendek dan Jarang-jarang
    Para pedagang percaya buah durian yang memiliki duri besar, pendek dan jarang-jarang memiliki isi daging yang cantik dan rasanya enak. Sehingga hindarilah buah durian yang berduri panjang dan rapat.
  7. Pilih Durian Terbelah Lima
    Lihatlah dibagian bawah buah durian, apabila buah terbelah jumlahmya lima hingga enam maka dapat dipastikan isi di dalamnya lebih banyak.

Itulah 7 cara memilih buah durian yang enak dan dagingnya tebal, tips ini dipercaya oleh sebagian para pedagang dalam menjual buah durian.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular