Thursday, May 23, 2024
spot_img

5 Kuliner Hidden Gem di Singkawang, Unik dan Autentik!

Pontianak Today – Singkawang dikenal sebagai destinasi wisata di Kalimantan Barat yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya. Selain tempat wisata, kuliner di Singkawang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan karena terdapat beragam makanan yang menggugah selera.

Tidak hanya makanan legendaris, Singkawang juga memiliki sejumlah kuliner hidden gem nikmat yang jarang terekspos, loh. Apa saja, ya?

Berikut beberapa tempat wisata kuliner hidden gem di Singkawang yang wajib kamu coba. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

  1. Bakso Rindu Alam
    Kuliner hidden gem yang satu ini patut kamu coba! Bakso Rindu Alam bertempatkan di Jl. Wonosari, Roban, tepatnya di depan SMP Negeri 13 Singkawang.

Terdapat berbagai pilihan bakso unik yang bisa kamu cicipi, loh. Ada bakso jontor, bakso kribo, bakso brutal, bakso mangkok, dan sebagainya. Selain bakso, tersedia juga menu-menu lainnya yang bisa kamu pesan, seperti nasi goreng, nasi sop, hingga seblak.

Tempat ini buka dari jam 11 siang hingga 8 malam. Kamu bisa mengunjunginya di siang, sore, ataupun malam hari sesuai keinginanmu, ya.

  1. Choipan Sak Kok
    Berada di dalam gang dengan mengusung konsep tradisional, tempat kuliner legendaris ini sudah berjualan choipan selama 45 tahun. Choipan Sak Kok berjualan dari jam 9 pagi hingga 5 sore dan berlokasi di Jl. Tanjung Batu No. 39, Singkawang.

Meskipun tempatnya cukup tersembunyi dan sederhana, banyak masyarakat yang berkunjung untuk mencicipi hidangan khas choipan yang autentik. Terdapat beberapa isian yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari isian bengkuang, kucai, dan rebung.

  1. Gorengan Gunung Roban
    Hidden gem yang satu ini berada di belakang vihara Sui Khei Thai Pak Kung, tepatnya di kaki Gunung Roban. Meski lokasinya tersembunyi dan masuk ke arah hutan, tempat ini tetap ramai dikunjungi warga Singkawang, loh.

Terdapat berbagai menu yang disajikan dengan harga terjangkau, mulai dari gorengan, rujak, hingga sop. Setiap makanan yang langsung dihidangkan dengan panas ini dapat kamu nikmati sembari menikmati pemandangan hijau di sekitarnya.

Bagi kamu yang berminat, Gorengan Gunung Roban buka dari jam 1 siang hingga 6 malam, ya.

  1. Sotong Kangkung Yau Yie
    Berdiri sejak 1977, tempat kuliner yang sudah berjualan selama 47 tahun ini menyediakan hidangan halal yang unik dan menjadi satu-satunya di kota Singkawang.

Berbahan dasar dari kangkung dan sotong, hidangan ini disajikan dengan kacang dan kuah kental yang terbuat dari tepung kanji sehingga bertekstur lembut. Tidak hanya sotong kangkung, tempat ini juga menyediakan sotong pangkong.

Sotong Kangkung Yau Yie buka setiap hari dari jam 4 sore hingga 10 malam. Kamu bisa mengunjungi hidden gem ini di Pasar Turi Singkawang, tepatnya di depan Bubur Aloi, ya.

  1. Warung Makan Malang
    Wisata kuliner sekaligus ada kolam renang di dalamnya? Yap, hanya di Warung Makan Malang! Tempat ini berada di Jl. Raya Pajintan, Gg. Basule No. 8, Singkawang Timur.

Konsep tradisional yang kental dengan nuansa Jawa ini menyediakan berbagai macam menu, mulai dari makanan berat, cemilan, dan minuman. Suasana alam pedesaan yang ditawarkan mampu memanjakan mata para pengunjung. Kamu bisa kulineran sekaligus bersantai bersama keluarga dengan fasilitas yang tersedia di sini, bahkan bisa berenang juga, loh. Pokoknya family friendly sekali, deh!

Warung Makan Malang buka setiap hari mulai dari jam 10.30 hingga 20.30 WIB.

Itulah beberapa tempat kuliner hidden gem di Singkawang yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk dicicipi, ya. Dijamin bikin ketagihan!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular