Sunday, April 14, 2024
spot_img

Yuk, Intip Proses Pembuatan Lempok Durian

Hi!Pontianak – Lempok durian atau dodol durian merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Barat. Lempok durian ini cukup diminati oleh masyarakat. Namun, tahukah kamu jika proses pembuatan lempok durian ini memakan waktu yang cukup lama?

Salah satu warga Sintang mengunggah proses pembuatan lempok durian di akun TikTok @yourboys76. Dalam unggahannya, ia memperlihatkan sejumlah orang sedang mengaduk daging durian di dalam wajan besar, di atas tungku.

Baca Juga

Tips Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Lembut Hanya 10 Menit

6 Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha

Sebelum membuat lempok durian, biasanya warga memilih durian terlebih dahulu dan memisahkan daging durian dari bijinya. Namun, ada beberapa warga yang langsung memasak daging durian beserta bijinya, seperti yang ada di video tersebut.

@yourboys76 Rasanya mantap bgt rugi yg belum cobain🤤 #lempokdurian #dodol #durian #anakkalimantan #Tokopedia12Tahun #kalimantanbarat #sintangkalbar #sintang #fyp ♬ original sound – Yogi Anggara Putra

Selanjutnya, daging durian dimasak di dalam wajan besar sambil diaduk-aduk hingga berwarna kecokelatan dan bertekstur kenyal. Proses mengaduk adonan lempok durian ini memakan waktu yang cukup lama, sekitar 6 hingga 7 jam.

Biasanya, beberapa warga juga menambahkan gula agar lempok durian terasa manis. Setelah adonan durian bertekstur kenyal dan berwarna coklat, selanjutnya warga memisahkan biji dan adonan durian.

Kemudian, warga menggulung lempok durian hingga berbentuk memanjang dan bulat. Untuk menikmatinya, warga bisa memotong lempok durian menjadi beberapa bagian.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular