Sunday, June 23, 2024
spot_img

Wali Kota Pontianak Makan Durian Jemongko, Buah Terbaik di Kalbar

Hi!Pontianak – Durian Jemongko asal Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Sanggau, kembali panen, dan dijual di Pontianak. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, tertarik dan penasaran untuk mencicipi durian yang diminati warganya ini.

Edi sempat mencicipi durian Jemongko sebanyak 15 butir. Menurutnya, durian tersebut memiliki cita rasa khas, yang membuat siapapun yang merasakannya akan ketagihan.

Meski tahun lalu ia pernah mencicipinya, tahun ini dia kembali mengulang, untuk menikmati durian yang dikenal dengan isi buah yang menggugah selera. Durian Jemongko ini dijual di Pusat Kuliner Jalan Letkol Sugiyono, Pontianak Selatan.

Wali Kota Pontianak menikmati durian Jemongko. Foto: Prokopim Pemkot Pontianak
Wali Kota Pontianak menikmati durian Jemongko. Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

“Saya ke sini untuk mencicipi durian Jemongko. Ini salah satu durian paling enak dan terbaik di Kalbar,” jelasnya, Kamis, 3 November 2022.

Menurutnya, setiap buah, terutama durian, yang berasal dari daerah tertentu, seperti durian Jemongko ini, punya ciri khas cita rasa tersendiri, baik dari rasa, bentuk, maupun tekstur.

Dari 15 butir durian Jemongko yang dirasakannya, masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada yang rasanya sedikit pahit, ada yang manis, ada yang legit, sangat legit, dan ada yang agak lembek karena kematangan.

Kemudian, kata dia, dari warna isi buahnya ada yang putih, kekuningan, dan kuning muda. Perbedaan jenis rasa dan tekstur buah ini mungkin dikarenakan berasal dari pohon yang berbeda di satu kawasan.

“Inilah yang bikin penasaran. Jadi tadi setiap ada teman yang baru buka durian, saya ikut mencicipi, di situlah sensasi makan durian,” ungkapnya.

Edi mengklaim, kualitas Durian Jemongko tidak kalah dengan durian dari negeri tetangga, Malaysia seperti Musang King. Bahkan durian Jemongko dinilainya sebagai durian terbaik di Kalbar. “Rasanya boleh diadu dengan durian dari negeri tetangga,” sebutnya.

Warga membeli durian Jemongko di kawasan Pusat Kuliner Pontianak. Foto: Prokopim Pontianak
Warga membeli durian Jemongko di kawasan Pusat Kuliner Pontianak. Foto: Prokopim Pontianak

Meski buah-buahan yang ada di Pontianak banyak yang berasal dari kabupaten di Kalbar, namun kota ini menjadi sentra penjualan buah-buahan. Ia berharap musim buah-buahan bisa lebih rutin dan berkelanjutan sehingga kawasan kuliner di sini menjadi lebih ramai. Apalagi kawasan ini cukup tenang dan strategis sebagai pusat jualan buah-buahan dan kuliner sehingga menjadi daya tarik destinasi di Kota Pontianak.

“Alhamdulillah panen raya durian Jemongko tahun ini cukup banyak. Kita terima kasih dengan Bang Shando menggelar lapak durian di Jalan Letkol Sugiyono yang memang kita peruntukkan salah satu kawasan kuliner di Kota Pontianak,” katanya.

Pedagang Durian Jemongko, Shando Safela, mengaku tidak menyangka saat pertama kali dirinya bersama teman-temannya mulai mencoba menjual durian dari daerah Jemongko tahun lalu. Melihat antusias peminat Durian Jemongko yang begitu membludak, panen tahun ini dirinya kembali menggelar lapak Durian Jemongko.

“Tahun ini kami sengaja memilih lokasi di Pusat Kuliner di Jalan Letkol Sugiyono, karena selain tempatnya strategis dan tidak mengganggu arus lalu lintas, kami juga ingin menarik pengunjung untuk meramaikan pusat kuliner di sini,” tuturnya.

Tahun ini, kata Shando, saat penjualan perdana pada Minggu, 30 Oktober 2022, sebanyak 500 buah ludes terjual hanya dalam waktu tiga jam.

“Alhamdulillah, hari ini sebanyak 1.200 durian jemongko kembali ludes terjual, karena memang peminatnya banyak,” tukasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular