Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Resort The Apurva Kempinski Bali Kenalkan Tradisi dan Budaya Kalimantan

Hi!Pontianak – Kalimantan merupakan pulau yang menyimpan keragaman budaya, kearifan lokal, dan kaya akan sumber daya alam yang berpotensi untuk dikenalkan pada dunia.

Atas latar belakang itu, resort bintang 5, The Apurva Kempinski Bali memperkenalkan budaya Kalimantan bertajuk ‘Kalimantan: World of Many Facet’ sebagai bagian dari kampanye ‘Unity in Diversity’ di tahun 2022. Untuk mengangkat tema keindahan Pulau Borneo itu, The Apurva Kempinski Bali berkolaborasi dengan salah seorang designer, Firdaus Franklin dengan mengangkat tema ‘Mystery of Borneo by Firdaus Franklin’.

Franklin Firdaus merupakan seorang perancang busana yang berasal dari pulau Kalimantan yang ingin memberikan panggung bagi karya seni pulau tersebut. Pria kelahiran Kalimantan Selatan ini dikenal atas karyanya melalui label busana Franksland menampilkan berbagai busana yang terinspirasi dari warna dan budaya Kalimantan.

Mengusung tema ‘Mystery of Borneo’ pada tanggal 3 September 2022 kemarin, Franklin menampilkan karya busananya di lobi pendopo resort The Apurva Kempinski. Tradisi dan kebudayaan khas pulau Kalimantan yang disajikan lewat berbagai busana karyanya.

The Apurva Kempinski Bali Kenalkan Tradisi dan Budaya Kalimantan (1)
The Apurva Kempinski Bali perkenalkan budaya Kalimantan. Foto: Dok. Istimewa

“Saya ingin menyampaikan budaya, tradisi, serta misteri dari tempat saya lahir dan besar. Melalui panggung ini, saya berusaha untuk menampilkan busana dengan berbagai keunikan dari masyarakat Kalimantan,” katanya dalam konferensi pers melalui Zoom pada, Senin, 5 September 2022.

Berbagai jenis busana yang ditampilkan Firdaus terbuat dari berbagai jenis kain tekstil berbahan alami yang berasal dari endemik tumbuhan asli Kalimantan. Firdaus mengatakan keunikan dari tradisional kain berbahan tekstil alami asal Kalimantan tidak hanya terletak pada polanya, namun juga proses pewarnaan hingga teknik penjahitan yang dilakukan secara tradisional melalui proses awal dalam proses pemotongan hingga menenun.

“Kain tradisional tidak semuanya bisa dipotong secara langsung karena ada aturannya. Sebaiknya tidurkan dulu sehari semalam atau beberapa malam sebelum dipotong agar bisa menghasilkan tekstur kain yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Director of Marketing The Apurva Kempinski Bali, Danti Yuliandri, mengatakan tidak hanya kain khas Kalimantan yang tampilannya di resort tersebut, dalam pelaksanaan kampanye tersebut mereka juga menyajikan makanan tradisional, kelas kerajinan tangan, dan juga cerita-cerita daerah asal Kalimantan yang disampaikan di Jalak Family club.

The Apurva Kempinski Bali Kenalkan Tradisi dan Budaya Kalimantan (2)
Peragaan busana untuk memperkenalkan budaya Kalimantan. Foto: Dok. Istimewa

“Sebagai bentuk apresiasi Kempinski Bali atas warisan budaya Kalimantan serta karya seni Indonesia, Kempinski mencoba mentransformasi semua perayaan kebudayaan Kalimantan itu dalam hotel, kami mengajak setiap tamu merasakan pengalaman dengan berbagai balutan budaya,” tuturnya.

The Apurva Kempinski Bali juga mengajak setiap tamu merasakan pengalaman aneka ragam budaya Kalimantan mulai dari penerima tamu, penyambutan para tamu, hingga pelayanan setiap tempat makan eklektik resor dari The Kempinski Bali yang akan mengundang para tamu untuk menjelajahi keindahan busana tradisional dari pulau Kalimantan.

“Kami juga memperlihatkan berbagai busana tradisional Kalimantan yang telah disiapkan oleh perancang busana asal Kalimantan untuk lebih meningkatkan unsur tradisional Kalimantan di sekitar lobi ambassador The Apurva Kempinski Bali, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat keragaman budaya Kalimantan,” jelasnya.

“Kami harap, melalui acara ini orang-orang dapat semakin mengapresiasi budaya Indonesia melalui program ini,” timpalnya.

The Apurva Kempinski Bali Kenalkan Tradisi dan Budaya Kalimantan (4)
The Apurva Kempinski Bali memperkenalkan budaya Kalimantan. Foto: Dok. Istimewa

Untuk diketahui, Tentang The Apurva Kempinski Bali, berdiri di atas tebing Nusa Dua yang megah, dengan pemandangan Samudra Hindia yang menakjubkan dan taman tropis.

The Apurva Kempinski Bali menawarkan lambang kemewahan tepi pantai. Resor bintang lima di Bali ini menampilkan dirinya sebagai teater terbuka yang megah, perwujudan keanggunan Indonesia. Koleksi 475 kamar, suite, dan vila ikonik dipamerkan, dengan 60 persen akomodasi yang memiliki kolam renang kecil pribadi.

Dari perjalanan kuliner yang unik dan perawatan spa asli, hingga ruang pertemuan yang luas dan kapel yang memikat, The Apurva Kempinski Bali adalah panggung spektakuler di mana pengalaman yang dikuratori dihidupkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular