Thursday, February 22, 2024
spot_img

7 Surah Alquran yang Harus Dihapalkan Sebelum Meninggal

Pontianak Today – Tanpa disadari, kematian adalah hal terdekat yang akan menghampiri kita.

Memperbanyak amal baik dan menjauhi larangan-larangan Allah SWT merupakan perbuatan yang perlu kita lakukan selama hidup di dunia, termasuk menghafal surah Alquran. Berikut ini tujuh surah dalam Alquran yang harus dihafal sebelum meninggal dunia.

  1. Ayat Kursi
    Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dalam surah Al-Baqarah dan menjadi ayat yang paling agung dalam kitab suci Alquran.

“Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk, dan punuknya Al-Qur’an adalah surah Al-Baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci Al-Qur’an. Ayat tersebut adalah ayat Kursi.” (HR. At-Tirmidzi)

  1. Surah Al-Baqarah ayat ke-285 dan 286
    Memiliki jumlah ratusan ayat, tetapi jika kita menghafal surah Al-Baqarah ayat ke-285 dan 286, maka kita akan diberi kecukupan.

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, niscaya ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari)

  1. Surah Al-Kahfi
    Terdiri dari 110 ayat, surah Al-Kahfi bisa dihafal untuk 10 awalan ayat pertamanya saja jika merasa terlalu panjang. Hafalan surah ini dapat melindungi kita dari fitnah Dajjal.

“Barangsiapa menghafal 10 ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

  1. Surah Al-Mulk
    Surah Al-Mulk terdiri dari 30 ayat dan memiliki manfaat yaitu dapat mencegah kita dari siksa kubur kelak.

“Ada suatu surah Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat dan dapat memberi syafaat bagi yang membacanya, sampai dia diampuni.” (HR. Tirmidzi)

  1. Surah Ar-Rahman
    Surah Ar-Rahman ini terdiri dari 78 ayat dan memiliki manfaat yang tidak main-main bagi siapa pun yang membacanya, yakni mati dalam keadaan syahid.

“Siapapun yang membaca surah Ar-Rahman dan meninggal dunia, maka kematiannya seperti mati syahid.” (Imam Ja’far)

  1. Surah As-Sajdah
    Surah As-Sajdah memiliki 30 ayat dan dapat memberikan syafaat agar mendapatkan keamanan yang kuat dan ilmu Yaqin. Orang yang membaca surah As-Sajdah akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang beribadah pada Lailatul Qadar.

Nabi Muhammad SAW rutin membaca surah As-Sajdah. Hadis riwayat Imam Ahmad mengatakan, “Nabi tidak akan tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil (As-Sajdah) dan Tabarakalladzi biyadihil mulk (Al-Mulk).” (HR. Imam Ahmad)

  1. Surah Al-Waqiah
    Terdiri dari 96 ayat, surah Al-Waqiah dapat menarik rezeki dari arah yang tak disangka-sangka.

“Barangsiapa membaca surah Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Demikian sejumlah surah Alquran yang harus dihafal sebelum meninggal dunia. Semoga bermanfaat, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular