Tuesday, April 23, 2024
spot_img

6 Jenis Sayuran yang Aman untuk MPASI Bayi

Hi!Pontianak – Memasuki usia enam bulan, umumnya bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun para ibu tak boleh sembarangan menggunakan bahan makanan, sebab makanan yang diberikan untuk si kecil harus mengandung tinggi nutrisi dan bergizi seimbang.

Salah satu bahan makanan yang baik untuk MPASI bayi adalah sayuran. Selain menambah cita rasa makanan, sayuran juga mengandung tinggi serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

Baca Juga

Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Apakah Tanda Tumbuh Gigi?

Yuk, Kenali Manfaat Daun Kelor untuk Cegah Stunting

Menggemaskan, Bayi ini Merangkak Cepat Saat Ayahnya Tunjukan Kartu ATM

Ada beragam jenis sayuran yang bisa digunakan untuk MPASI bayi. Namun, sayuran yang digunakan harus bisa mudah dicerna karena sistem pencernaan bayi yang belum berkembang sempurna. Lantas, apa saja?

Mengutip Mom Junction, berikut beberapa sayuran yang mudah dicerna oleh bayi:

1. Wortel

Selain mudah dicerna oleh bayi, wortel juga mengandung nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi. Salah satunya mengandung beta-karoten atau vitamin A untuk mendukung kesehatan mata dan perkembangan kulit bayi.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung tinggi nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9 atau asam folat, kalium, dan zat besi. Anda dapat menambahkan ASI untuk menyesuaikan konsistensi puree jika diperlukan.

3. Labu

Labu adalah salah satu pilihan sayuran yang paling umum untuk bayi karena teksturnya yang halus dan mudah dicerna. Selain itu, labu juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, dan serat yang berguna untuk kesehatan bayi.

MPASI Labu Parang dengan Campuran Oatmeal Foto: Shutterstock
MPASI Labu Parang dengan Campuran Oatmeal Foto: Shutterstock

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran padat nutrisi yang mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin K. Sayuran ini juga berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan bayi, Moms.

5. Tomat

Tomat mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti likopen, vitamin A, dan vitamin C. Anda dapat memberi makan tomat tomat pada bayi dalam bentuk sup tomat atau dicampurkan dengan menu lainnya.

6. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang memiliki tinggi nutrisi, seperti serat, natrium, kalium, folat, dan vitamin K. Sayur ini juga bisa digunakan sebagai finger food si kecil, Moms.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular