Thursday, April 18, 2024
spot_img

4 Perbedaan Serial Money Heist Spanyol dan Korea, Mana yang Paling Kamu Suka?

Hi!Pontianak – Serial asal Spanyol, Money Heist merupakan salah satu serial original Netflix yang populer diberbagai belahan dunia. Kesuksesan serial itu pun turut membuat produksi film Korea Selatan bikin remake-nya dengan judul Money Heist Korea – Joint Economic Area.

Dari segi tema cerita, tidak ada perbedaan antara Money Heist Korea dan Spanyol. Kendati demikian, kedua serial ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, baik itu dari alur cerita hingga properti topeng yang digunakan.

Baca Juga :

Disebut Mirip Aktor ‘Money Heist Korea’, Indra Bekti: Mirip Gak Sih?

Penasaran apa saja? Berikut perbedaan mencolok Money Heist Korea dan Spanyol yang dirangkum Hi!Pontianak, Kamis, 30 Juni 2022 :

  1. Latar Tempat
Money Heist: Korea-Joint Economic Area. Foto: Netflix

Perbedaan paling mencolok dalam kedua versi Money Heist tentunya terletak pada latar tempat ceritanya. Dalam versi orisinalnya, latar tempat cerita berada di negara Spanyol karena memang merupakan serial produksi negara tersebut.

Sementara itu, versi adaptasinya tentu saja mengambil latar tempat pada Korea, tepatnya di Joint Economic Area. Joint Economic Area merupakan sebuah wilayah fiktif di semenanjung Korea yang menjadi pusat perekonomian setelah proses unifikasi Korea Utara dengan Korea Selatan.

  1. Latarbelakang Karakter Pemain
Pemeran Drama Korea Money Heist dok Netflix

Geng perampok dalam Money Heist Korea memiliki julukan atau nama samaran yang sama seperti versi orisinal. Mulai dari Profesor, Tokyo, Berlin, Rio, Nairobi, Denver, Moscow, Oslo, hingga Helsinki. Namun, beberapa latar belakang mereka sebelum terlibat dalam geng perampoknya cukup berbeda dengan versi orisinalnya.

Misalnya, dalam versi Spanyol, Tokyo merupakan seorang perampok yang menjadi buronan oleh polisi sebelum bertemu dengan Profesor. Sedangkan, Tokyo versi Korea merupakan mantan tentara dari Korea Utara yang kemudian menjadi buronan setelah unifikasi.

Sementara itu, untuk karakter Profesor pada versi Korea merupakan dosen pada sebuah universitas, sedangkan dalam versi orisinal, profesinya tidak terungkap sama sekali.

  1. Desain Topeng
Money Heist: Korea-Joint Economic Area Part 1. Foto: Netflix

Salah satu faktor yang membuat versi orisinal Money Heist mendunia adalah topeng Salvador Dalí yang dipakai oleh geng perampoknya Profesor. Pasalnya, setelah penayangan serial tersebut, topeng tersebut banyak dipakai oleh sejumlah masyarakat.

Nah, mengingat versi adaptasinya berlatar di Korea yang punya budaya serta tokoh beda dengan Spanyol, maka tak heran jika desain topengnya juga berbeda. Dalam Money Heist Korea, desain topeng geng perampok terinspirasi dari topeng tradisional Hahoe. Topeng Hahoe biasanya digunakan dalam acara kebudayaan dan ritual yang sudah termasyhur pada Negeri Gingseng.

  1. Alur Cerita
Park Hae Soo di Money Heist: Korea Foto: Netflix

Kesamaan Money Heist Korea dan Spanyol adalah memasukkan unsur politik dalam alur ceritanya. Namun unsur politik di antara keduanya sangat berbeda.

Unsur politik pada Money Heist Korea dibahas lebih mendalam dan sensitif karena menyinggung persoalan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Sedangkan Money Heist Spanyol membahas tentang ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah hingga upaya melakukan perlawanan terhadap sistem akibat krisis ekonomi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular