Sunday, May 19, 2024
spot_img

4 Fakta Unik tentang Bulan Ramadan

Pontianak Today – Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu umat Muslim karena menyimpan penuh berkah dan keistimewaan.

Selain diharuskan berpuasa selama sebulan penuh, masih terdapat fakta unik bulan Ramadan lainnya, loh. Mau tahu apa saja? Simak dalam ulasan berikut ini, yuk!

1. Bulan berbagi kebaikan dan sedekah

Kita sering melihat orang-orang membagikan makanan ataupun takjil untuk menu berbuka puasa dan sahur pada bulan Ramadan. Selain itu, kita juga membayar zakat fitrah yang nantinya akan disalurkan ke keluarga yang kurang mampu.

2. Berasal dari kata ‘Ramadla’

Kata Ramadan sendiri berasal dari kata ‘Ramadla’ dalam bahasa Arab yang artinya panas.

Selain karena awalnya bulan Ramadan jatuh pada musim panas, pengertian panas ini sendiri juga diartikan sebagai waktu di mana segala dosa dan kesalahan seseorang dibakar atau dihapuskan.

3. Durasi puasa berbeda di setiap negara

Negara-negara bagian Utara bumi akan menjalankan waktu ibadah puasa lebih panjang ketimbang mereka yang tinggal di bagian Selatan.

Contohnya Selandia Baru yang mempunyai waktu puasa terpendek yaitu 11 jam 20 menit dan Greenland yang mempunyai waktu puasa terlama yaitu 19 jam 57 menit. Sementara itu, Indonesia rata-rata berpuasa selama 12 hingga 13 jam.

4. Memiliki tujuan mulia

Ramadan memiliki tujuan untuk mengajarkan umat-Nya dalam mengontrol diri dari hawa nafsu dengan berpuasa dari pagi hingga sore hari.

Tak hanya itu, Ramadan juga mengharuskan umat-Nya untuk lebih peduli terhadap penderitaan orang miskin. Melalui puasa, salat, dan beramal, seseorang dikatakan dapat membersihkan pikiran dan tubuhnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular