Thursday, May 23, 2024
spot_img

4 Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Pontianak Today – Madu diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, terlebih madu memiliki rasa manis sehingga disukai banyak orang.

Namun, tidak semua madu yang dijual adalah madu asli atau madu murni karena terdapat juga madu palsu yang beredar. Agar tidak tertipu, kamu bisa mengetesnya dengan berbagai cara, loh.

Pengelola lebah ashfa madu Borobudur, Qozin Purnama mengungkapkan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan madu asli dengan yang palsu. Apa saja, ya? Berikut ini cara-caranya.

1. Daging

Untuk mengetahui manakah madu yang asli dan palsu, kamu bisa menggunakan daging sebagai salah satu langkah untuk membedakannya.

Caranya, kamu bisa rendam daging dengan madu selama seminggu. Jika daging tersebut tidak berbau dan tidak busuk dalam waktu seminggu, maka bisa dipastikan madu tersebut adalah madu asli.

2. Piring kosong

Kamu juga bisa mendeteksi madu asli atau palsu dengan menggunakan piring kosong, loh. Bagaimana caranya?

Qozin Purnama mengatakan, “Pakai piring kosong dikasih air tiga sendok. Madunya cukup satu sendok dan digoyang-goyang madunya akan berbentuk seperti sarang lebah. Kalau enggak seperti itu, mungkin madu buatan langsung larut sama airnya.”

3. Telur bebek atau kampung

Madu asli membuat telur menjadi tidak amis dan tampak matang dengan baik. Jika mengalami hal sebaliknya, maka bisa dipastikan madu tersebut adalah madu palsu.

Caranya, kamu bisa mengambil kuning telurnya terlebih dahulu. Kemudian ambil sesendok madu lalu dicampur atau diaduk dengan kuning telurnya.

4. Warna

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan mendeteksi warna dari madu tersebut. Madu asli akan memiliki warna yang jernih, sedangkan madu palsu memiliki warna keruh.

Demikian empat cara untuk membedakan madu asli dengan yang palsu. Kalau kamu sendiri biasanya membedakannya dengan cara apa, nih?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular