Thursday, May 23, 2024
spot_img

Selain Indonesia, Berikut Fakta Unik Ramadan di 5 Negara

Pontianak Today – Tak hanya di Indonesia, bulan suci Ramadan yang penuh berkah dan keistimewaan ini juga menyimpan beragam fakta unik di berbagai negara lainnya.

Lantas, fakta unik apa sajakah yang terdapat di negara-negara lain itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Arab Saudi

Di Arab Saudi, terdapat kebiasaan unik yang dilakukan masyarakat ketika menyambut bulan Ramadan, yaitu ‘Meriam Ramadan’ di Mekkah.

Hal ini menjadi pertanda untuk mengumumkan masuknya bulan suci Ramadan, waktu berbuka, sahur, imsak, serta masuknya tanggal 1 Syawal.

2. Australia

Durasi puasa terpendek di dunia jatuh kepada negara Australia. Umat Muslim di Australia hanya berpuasa selama 10 hingga 11 jam.

3. Jepang

Jika kebanyakan masyarakat di Arab atau Indonesia mengonsumsi kurma sebagai menu khas buka puasa mereka, Jepang mempunyai menu berbuka khas sendiri yaitu dorayaki.

Umat Muslim di Jepang biasanya juga sering membentuk kepanitiaan Ramadan untuk menyusun kegiatan selama bulan Ramadan.

4. Mesir

Ibu kota Mesir, Kairo, berubah menjadi kota sejuta lampu pada bulan puasa Ramadan karena umat Muslim Kairo memiliki tradisi memasang lampu Fanus (lampu tradisional Kairo) di rumah mereka.

5. Rusia

Kalau Australia memiliki durasi puasa terpendek di dunia, maka Rusia kebalikannya. Rusia mempunyai waktu berpuasa terlama di dunia, yaitu 20 hingga 22 jam.

Jutaan umat Muslim di Rusia kerap berkumpul di masjid-masjid dan menyantap khinglash, roti dengan isian labu dan keju atau galnash, roti dengan isian gandum untuk berbuka.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular