Thursday, May 23, 2024
spot_img

Sehari Jelajah 5 Tempat Kuliner di Pontianak

Pontianak Today – Kota Pontianak terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Maka dari itu, tidak sah rasanya jika kamu tidak berburu kuliner ketika berkunjung ke kota Pontianak.

Jika kamu berkesempatan menetap sementara di Pontianak, terlebih hanya satu hari, aneka kuliner autentiknya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kamu bisa mencoba menjelajahi lima tempat kuliner di Pontianak berikut ini.

  1. Ayam Goreng Borobudur
    Hidangan ayam goreng legendaris ini dikenal dengan nama ‘Ayam Goreng Borobudur’ yang sudah mempunyai beberapa cabang di kota Pontianak, yakni di Jalan Gajah Mada, Jalan Pattimura, dan Jalan Tanjung Pura.

Meskipun terdapat unsur ‘Borobudur’ dalam namanya, makanan ini merupakan sajian asli khas Pontianak, loh. Hidangan yang disajikan dan menjadi andalan para pengunjung adalah nasi uduk dilengkapi ayam goreng, tahu, tempe, sambal, dan kremesan renyah yang dijamin dapat memanjakan lidah.

  1. Bakmi Kepiting Atie
    Bakmi legendaris Pontianak yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba adalah ‘Bakmi Kepiting Atie’. Bertempat di Jalan Dr. Setia Budi, tempat makan ini menghidangkan makanan nonhalal sehingga tidak bisa dicicipi oleh semua kalangan.

Bakmi kepiting nonhalal ini terdiri dari olahan mie yang kecil, lembut, dan kenyal disertai kuah dengan berbagai isian. Meskipun berisikan daging kepiting, bakmi kepiting menggunakan minyak babi sehingga termasuk dalam makanan nonhalal. Bakmi Kepiting Atie memiliki cita rasa lezat dengan bumbu yang meresap, ditambah porsinya juga lumayan banyak dan cukup mengenyangkan.

  1. Bubur Ikan Ahian
    Selain bubur ayam dan bubur sapi, terdapat pula hidangan bubur ikan, loh. Makanan halal khas Tio Chiu ini dapat ditemukan di mana saja di kota Pontianak, termasuk di tempat makan ‘Bubur Ikan Ahian’ yang berada di Jalan WR. Supratman.

Bubur ikan tidaklah bertekstur lembut seperti bubur pada umumnya, melainkan berisi nasi putih berendam dalam mangkok yang dituangi kuah kaldu dengan potongan ikan, daging kecap, sayuran, daun bawang, dan bawang goreng. Bubur Ikan Ahian juga menyediakan berbagai jenis ikan segar yang dapat dipilih sesuai selera, mulai dari ikan napoleon, hiu, kakap putih, bawal, kerapu, hingga alu-alu.

  1. Es Krim Angi
    Es krim Angi menjadi salah satu tempat kuliner ikonik Pontianak lainnya yang wajib dicoba, terlebih buat kamu yang ingin mencicipi hidangan bersensasi dingin dan menyegarkan. Tempat ini juga akrab dikenal dengan sebutan ‘Es Krim Petrus’ karena lokasinya yang tepat berada di depan sekolah Petrus.

Es krim legendaris di Pontianak ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dan terkenal akan penyajian es krimnya yang unik, yakni menggunakan batok kelapa. Kamu bisa mencoba berbagai macam varian es krim lengkap dengan topping-nya di Jalan Karel Satsuit Tubun No. 8, Pontianak.

  1. Sotong Pangkong Juhi
    Tidak mengherankan lagi jika kota Pontianak dipenuhi dengan para pedagang yang berjualan sotong pangkong, terutama di bulan Ramadan. Adapun salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin mencicipi olahan cumi ini, yaitu Sotong Pangkong Juhi atau Juhi Pangkong.

Berlokasi di Jalan H. Agus Salim, tempat ini menyajikan sotong pangkong khas Pontianak disertai bumbu ebi yang lezat. Harum khas cumi yang menyerbak setelah dipanggang dan ‘dipangkong’, tak lupa dengan cocolan sambal yang dapat membuatmu ketagihan saat menyantap cumi suwirnya.

Nah, itulah beberapa tempat kuliner yang bisa dijelajahi di Pontianak, terlebih dalam waktu sehari saja. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular