Thursday, April 18, 2024
spot_img

Robbie Coltrane Pemeran Hagrid di Harry Potter Tutup Usia

Hi!Pontianak – Aktor veteran asal Skotlandia Robbie Coltrane yang dikenal publik melalui perannya dalam serial kriminal “Cracker” dan “Harry Potter” meninggal pada Jumat, 14 Oktober 2022 dalam usia 72 tahun. Coltrane menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Skotlandia.

Coltrane meninggalkan seorang saudara perempuan, Annie Rae, anak-anaknya, Spencer dan Alice, serta seorang ibu, Rhona Gemmell.

“Selain sebagai aktor yang luar biasa dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya,” kata Wright dalam sebuah pernyataan.

Coltrane memulai karirnya di dunia komedi dan teater, itu pernah berpartisipasi dalam dua film James Bond. Dia lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia, sebagai putra seorang dokter dan guru.

Setelah lulus dari Glasgow Art School, dia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh. Tetapi karena usahanya untuk menjadi seorang seniman gagal, Coltrane berpartisipasi dalam stand-up comedy di klub-klub Edinburgh. Dia mengubah nama belakangnya untuk menghormati legenda jazz John Coltrane.

Publik mengenal Coltrane saat dia memainkan Dr. Edward “Fitz” Fitzgerald, seorang psikolog kriminal anti-sosial dalam seri “Cracker Jimmy McGovern” yang tayang lebih dari 25 episode antara 1993 dan 2006.

Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut untuk peran itu.

Penampilan itu membuat Coltrane berperan dalam dua film James Bond, memerankan tokoh Valentin Zukovsky di “GoldenEye” dan “The World Is Not Enough”.

Tapi kebanyakan orang tahu Coltrane dari peran pendukung besar lainnya yakni sebagai Rubeus Hagrid, penjaga raksasa dalam film Harry Potter, dimulai pada tahun 2001.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular