Sunday, June 23, 2024
spot_img

Menikmati Sensasi Berendam di Pemandian Air Panas Alami Hot Spring Kampung Panchor

Hi!Pontianak – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong Kalimantan Barat kini sudah kembali dibuka. Para wisatawan saat ini dapat dengan mudah pergi berlibur ke negeri Jiran, melalui jalur darat.

Banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berada di Sarawak. Salah di antaranya adalah Hot Spring Kampung Panchor atau tempat pemandian air panas, yang berlokasi di Serian.

Untuk menuju lokasi ini, jarak yang ditempuh sekitar 40 menit dari Tebedu atau pusat Kota Kuching.

Menikmati Pemandian Air Panas Alami di Bumi Borneo, Cuma 40 Menit dari Entikong (1)
Kolam pemandian air panas ini berada di Serian, Sarawak. Jaraknya hanya 40 menit dari border Entikong. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Hot Spring Panchor merupakan kolam pemandian air panas yang bersumber dari mata air alami, yang dihasilkan oleh munculnya air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi dari kerak bumi.

Kolam air panas alami ini diyakini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit kulit. Ada beberapa kolam, yang mana di sekelilingnya dilapisi papan, untuk pengunjung duduk, sambil merendam kaki ke dalam air tersebut.

Puncak suhu air panas tertinggi yakni 37 derajat celcius, sedangkan ada beberapa kolam dengan bersuhu 34 derajat celcius. Pengunjung juga bisa berendam di dalam kolam yang dasarnya dilapisi papan.

Untuk bisa menikmati sensasi mandi di kolam air panas ini, tarifnya cukup terjangkau. Tarif yang dikenakan bagi warga Malaysia, dewasa 5 Ringgit per orang, dan anak-anak 1 ringgit per orang. Sedangkan bagi warga asing atau wisatawan dikenakan tarif masuk 15 ringgit per orang.

Menikmati Pemandian Air Panas Alami di Bumi Borneo, Cuma 40 Menit dari Entikong (2)
Air kolam pemandian ini berasal dari panas kerak bumi. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Seorang wisatawan asal Kalbar, Akbar, menuturkan, kolam air panas Panchor ini merupakan tempat yang ingin ia kunjungi sejak lama. Pasalnya, setiap berkunjung ke Kuching, ia hanya melewati dan membaca plang yang menunjukkan arah Hot Spring Panchor.

Ketika berkesempatan mengunjungi destinasi ini, ia pun mencoba merasakan berendam dan mandi di air yang suhunya cukup panas.

“Awalnya memang terasa agak panas, tetapi kalau semakin lama kita berada di kolam, tubuh kita beradaptasi dengan suhu air. Ada rasa relaksasi berendam di kolam ini,” ucapnya, Kamis, 21 Juli 2022.

Menikmati Pemandian Air Panas Alami di Bumi Borneo, Cuma 40 Menit dari Entikong (3)
Kolam pamandian air panas tarif masuknya cukup terjangkau. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Ia menambahkan, lokasi Hot Spring Panchor ini sangat asri, dan menyatu dengan alam. Untuk menuju ke lokasi juga tidak sulit, karena medan menuju lokasi tersebut jalannya bagus.

“Selain harga yang terjangkau, kolam yang disediakan juga cukup banyak. Cocok untuk membawa keluarga di tempat pemandian air panas ini,” tukasnya. (Teri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular