Sunday, May 19, 2024
spot_img

Mengenal Platform ‘Bijak Memilih’, Gerakan Melek Politik untuk Anak Muda

Pontianak Today – Tidak terasa, Pemilu 2024 segera diselenggarakan dan masyarakat Indonesia akan berpartisipasi dalam menentukan pemimpin pilihannya demi keberlangsungan negara.

Tercatat sebanyak 107 juta atau 52% pemilih pada Pemilu 2024 yang didominasi oleh orang muda. Namun, terdapat ketidakpercayaan dan kesenjangan pengetahuan politik yang cukup tinggi sehingga masih banyak rakyat yang belum mempertimbangkan keputusannya dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat sebuah platform yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia, khususnya anak muda mengenai pentingnya Pemilu yang dapat berpengaruh terhadap masa depan mereka.

Platform tersebut adalah ‘Bijak Memilih’, sebuah media independen yang diinisiasikan oleh Think Policy dan What Is Up Indonesia (WIUI) yang membahas tentang berita sosial politik Indonesia.

Kanal ini hadir dengan menyediakan beragam informasi seputar isu, partai politik, dan kandidat presiden sebagai langkah awal untuk membuat rakyat Indonesia menjadi lebih ‘melek politik’, terutama bagi generasi muda.

Melalui wadah ini, masyarakat dapat mengetahui lebih detail mengenai ketiga paslon dalam Pemilu 2024. Mulai dari informasi tentang isu strategis, rekam jejak, visi misi para capres-cawapres, hingga rangkuman debat yang dijabarkan secara lengkap dan mudah dipahami.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui bagaimana sikap partai-partai politik terhadap isu yang terjadi beserta rekam jejak partainya. Hal ini penting untuk dipelajari karena sikap pengambilan keputusan suatu tokoh dapat dipengaruhi oleh partai yang dinaunginya.

Untuk memberikan dampak yang lebih positif lagi kepada rakyat, platform Bijak Memilih juga mengadakan roadshow bertajuk BMx ke daerah-daerah dengan berkolaborasi bersama organisasi akar rumput, mahasiswa, dan NGO (non-governmental organization) lokal.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular