Thursday, February 22, 2024
spot_img

Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik, Fakta atau Mitos?

Pontianak Today – Banyak yang mengatakan mandi malam dapat menyebabkan penyakit rematik. Hal ini pun sudah menjadi rahasia umum dan tak sedikit orang yang mempercayainya. Namun, apakah pernyataan tersebut benar?

Menurut penelitian, mandi malam tidak membahayakan bagi tubuh alias hanya mitos belaka. Sebaliknya, mandi malam dengan air hangat dapat membantu seseorang agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyaman hingga mampu menurunkan tekanan darah.

Hal ini bisa dilihat melalui berbagai manfaat yang didapat dari mandi malam menggunakan air hangat, mulai dari mempercepat waktu tidur, meningkatkan waktu tidur total, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi bangun tidur di tengah malam.

Mandi malam sebelum tidur dengan air hangat pun dianjurkan untuk dilakukan 1-2 jam sebelum waktu tidur biasa. Selain itu, waktu yang tepat untuk mandi juga berperan penting terhadap efektivitas tidur.

Hasil penelitian menunjukkan jika seseorang melakukan mandi lebih dari 2 jam sebelum tidur, hal tersebut bisa membuat seseorang mengantuk, tetapi tidak terlalu efektif untuk membuatnya cepat tertidur.

Untuk aktivitas mandi sendiri, beberapa peneliti menuliskan bahwa mandi dengan durasi terlalu lama dapat membuat suhu badan meningkat dan mengganggu tidur. Sementara itu, mandi dengan durasi yang pas sekitar 10 menit dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Penelitian lain juga mengatakan mandi dengan air hangat di malam hari dapat membantu mengurangi tekanan darah. Satu studi dari Jepang menyatakan bahwa mandi air panas selama sebentar saja sudah cukup membantu menurunkan tekanan darah di malam hari, terutama untuk orang tua.

Namun, perlu dicatat bahwa mandi air hangat di malam hari tidak dapat menjadi solusi atau obat penyembuh secara langsung bagi orang-orang yang mempunyai darah tinggi. Hanya efek dari mandi malam dengan air hangat saja yang dapat membantu sedikit menurunkan tekanan darah, setidaknya 120 menit pasca mandi.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan mandi malam dapat menyebabkan rematik adalah hoaks. Tidak perlu takut lagi untuk mandi malam selama kamu menerapkannya dengan benar seperti yang dijelaskan dalam ulasan ini, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular