Sunday, May 19, 2024
spot_img

Lekat dengan Budaya Tionghoa, Ini 4 Asal-usul Naga

Pontianak Today – Lunar New Year atau Tahun Baru Imlek 2024 sudah di depan mata, dan tahun ini merupakan Tahun Naga Kayu.

Berbicara tentang Imlek, naga sudah menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dari budaya Tionghoa. Namun, pernahkah kamu memikirkan sebenarnya makhluk apakah itu dan mengapa bisa menjadi unsur penting dalam budaya Tionghoa?

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah empat asal-usul naga yang menjadi bagian dari budaya Tionghoa.

  1. Terinspirasi oleh binatang
    Kemunculan makhluk naga terinspirasi oleh binatang, kemungkinan buaya atau kadal raksasa. Hal ini terlihat dari adanya catatan kuno tentang pemeliharaan naga yang menyatakan bahwa makhluk naga hidup di air.
  2. Makhluk surgawi
    Naga bisa jadi merupakan makhluk surgawi karena sangat mirip dengan benda angkasa. Bagi orang zaman dahulu, pergerakan benda langit melambangkan kekuatan ilahi yang mengendalikan pergantian musim. Memuja naga juga mencerminkan rasa hormat manusia terhadap alam.
  3. Fenomena alam
    Naga kemungkinan merupakan bagian dari salah satu fenomena alam yang melambangkan tornado atau puting beliung karena bentuknya. Jika diperhatikan baik-baik, naga memang memiliki bentuk yang mirip dengan tornado ataupun puting beliung.
  4. Totem
    Naga bisa jadi merupakan totem milik
    kelompok etnis dan suku yang berbeda pada zaman kuno. Naga tersebut yang akan mengadopsi makhluk akrab dan kuat sebagai totem mereka.

Itulah empat asal-usul naga yang menjadi bagian dari budaya Tionghoa.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular