Thursday, July 25, 2024
spot_img

Kopi Liberika Kayong Utara Raih Juara 1 Kompetisi Kopi di Spanyol

Hi!Pontianak – Kopi Liberika Kayong Utara meraih juara pertama dalam ajang World Coffee Challenge 2022 di Spanyol pada kategori Alternativo. Kopi khas Kalbar itu menyabet penghargaan Best Alternative Coffee in The World.

World Coffee Challenge 2022 yang berlangsung pada 29-30 September 2022 di Ourense (Galicia) Spanyol, merupakan kompetisi kopi internasional sebagai momen perayaan dan peningkatan daya saing produsen kopi dengan kopi unggulan mereka. Pada event tersebut kopi liberika Kayong Utara berhasil menyabet peringkat pertama World Coffee Challenge 2022 kategori Altertivo, yang diikuti 15 produsen kopi dari berbagai negara, di antaranya Indonesia.

“Kami menerima berita dari Steve Hidayat melalui pesan WA, dan mengucapkan selamat atas berhasilnya kopi Liberica Kayong Utara sebagai Juara 1 World Coffee Challenge 2022 kategori Alternativo,” kata Founder Kojal Coffee Plantation, Gusti Iwan Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima Hi!Pontianak, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Untuk mengikuti ajang tersebut, Iwan mengatakan pihaknya mengirimkan 10 kg sampel kopi liberika dari petani kopi asal Desa Podorukun Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara, sepasang suami istri bernama Mukadi dan Nur Salikah.

“Lomba ini diperuntukkan hanya kopi yang disangrai di tempat asal dan menunjukkan kekhasan cita rasa mewakili kondisi tanah tempat asalnya yang dapat mengikuti kompetisi. Penilaian cita rasa dilakukan selama pameran International Termatalia 2022 di Ourense, Spanyol,” jelasnya.

Dikatakan Iwan, keberhasilan itu juga tidak terlepas dari campur tangan pihak lain yaitu perusahaan PT. Selera Indah Perdana (Jakarta), merupakan mitra Kojal Coffee Plantation sejak tahun 2021 lalu yang menyampaikan niatnya untuk mengikutsertakan kopi Liberica Kayong Utara pada Event World Coffee Challenge 2022.

“Kami pun menanggapi dengan penuh semangat, dan bersedia mempersiapkan sample green beans, yakni liberica natural dry process, guna diikutsertakan dalam kompetisi kopi internasional tersebut,” tambahnya.

Sebagai informasi Kopi Liberica Kayong Utara merupak kopi yang memiliki karakteristik spesial. Aroma dan rasa yang muncul adalah buah nangka, dan bisa tumbuh di dataran rendah.

Kopi Liberica Kayong Utara memiliki rasa kopi yang strong, atau lebih pahit dibanding dengan Liberica Jambi dan Liberica Jatim, yang cenderung asam. Kopi Liberica Kayong Utara, tumbuh di Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular