Thursday, February 22, 2024
spot_img

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Mudah untuk Diajarkan pada Si Kecil

Pontianak Today – Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Dalam sebuah hadis, dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ العِلْمْ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ العِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الخَنَازِيْرِ الجَوْهَرَ وَاللُؤْلُؤَ والذَهَبَ. رواه ابن ماجه وروى البيهقي

Artinya: “Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim, akan tetapi bagi yang meletakkan ilmu untuk seseorang yang tak layak seperti menaruh permata, mutiara, dan emas kepada seekor hewan (babi).” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)

Salah satu adab dalam menuntut ilmu adalah membaca doa. Membaca doa belajar, baik sebelum dan sesudah belajar dapat membantu anak-anak dalam mendapatkan ilmu pembelajaran yang berkah. Selain itu, membaca doa belajar juga dapat membantu anak-anak agar mendapatkan kemudahan dalam mengingat materi pelajaran yang sedang dipelajari.

Berikut adalah bacaan doa sebelum belajar lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Bacaan latin: “Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma.”

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

Doa belajar juga perlu dilafalkan setelah selesai belajar untuk memohon keberkahan dari ilmu yang telah dipelajari. Berikut adalah bacaan doa sesudah belajar yang bisa dilafalkan.

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan latin: “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang tidak tertolak.”

Itulah bacaan doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Semoga bermanfaat, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular