Thursday, July 25, 2024
spot_img

Berawal dari Hobi, Warga Singkawang Bikin Kebun Anggur di Halaman Rumah

Hi!Singkawang – Ajun, warga Singkawang membudidayakan tanaman anggur di pekarangan belakang rumahnya di Jalan Kaliasin Dalam, Kecamatan Singkawang Selatan. Kebun anggur itu ia namai Petani Anggur Singkawang Tung Jun (Pas TJ).

Ajun sendiri mempelajari budi daya anggur secara autodidak. Hal itu tidak terlepas dari kegemarannya dalam bercocok tanam. Ia pun memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami anggur hingga berkembang seperti sekarang ini.

Berkat tekadnya yang kuat, kini Ajun telah membudidayakan berbagai varian anggur. Tak hanya anggur, ternyata di pekarangan rumahnya juga terdapat apel India, alpukat lilin Singkawang, cempedak king, mangga rapoza, jambu lilin, jambu kristal dan banyak tanaman buah-buahan lainnya.

Berawal dari Hobi, Warga Singkawang Kembangkan Tanaman Anggur di Halaman Rumah  (1)
Buah anggur yang dibudidaya Ajun di pekarangan rumahnya. Foto: Try Saskya/Hi!Pontianak

“Dulu orang bilang anggur itu hanya di daerah dingin. Buktinya di Singkawang ini bisa. Jadi setelah dicoba, gagal dan dicoba lagi ternyata anggur bisa berbuah baik. Saya baru coba tanam anggur September 2021 lalu,” ungkap Ajun, Jumat, 24 Juni 2022.

Ajun berharap, pekarangan rumahnya itu bisa menjadi agrowisata di Kota Singkawang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Singkawang, marga Tjhai dan dinas-dinas terkait yang sudah mendukung budi daya anggur tersebut.

“Harapannya saya bisa bikin agrowisata kebun anggur ‘Pas TJ’. Sudah saya rancang, semoga dibukakan jalan,” harapnya.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke kebun anggur ini akan dikenakan tarif Rp 10 ribu per orang. Pengunjung juga bisa membeli berbagai macam bibit tanaman di sana. (Kay)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular