Thursday, February 22, 2024
spot_img

6 Hal yang Perlu Diperiksa Perempuan secara Rutin

Pontianak Today – Ada suatu hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, yakni kesehatan. Pemeriksaan fisik menjadi salah satu langkah penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat, terutama bagi kaum perempuan.

Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin dapat mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin timbul sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga secara optimal. Berikut enam hal yang harus diperiksa secara rutin oleh perempuan agar tubuh tetap sehat.

  1. Kulit
    Kanker kulit bisa saja terjadi tanpa disadari. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan pada kulit setiap sebulan sekali untuk mendeteksi lebih dini kanker kulit. Waspada jika melihat adanya perubahan warna, ruam, bintik-bintik baru, hingga bentuk tahi lalat.
  2. Lingkar Pinggang
    Lingkar pinggang juga perlu diperiksa secara rutin untuk menjaga kesehatan. Setiap 3-4 bulan sekali, perempuan dianjurkan mengukur lingkar pinggang dengan pita pengukur untuk mengecek batas lingkar pinggang yang sehat. Lemak di area perut yang berlebihan dapat berisiko menimbulkan penyakit stroke, jantung, dan diabetes.
  3. Payudara
    Pengecekan payudara penting dilakukan secara rutin untuk mendeteksi kanker payudara sedari dini. Kamu bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri sesekali di setiap bulannya. Perhatikan apakah terdapat hal yang aneh pada payudara, seperti adanya benjolan, bengkak, ruam, ataupun nyeri.
  4. Nadi
    Kamu bisa melakukan pemeriksaan kondisi denyut nadi secara teratur, terutama setelah melakukan aktivitas fisik. Hal ini guna memantau kondisi kardiovaskular dan mencegah berbagai penyakit yang tidak diinginkan, seperti serangan jantung yang menyerang jantung dan pembuluh darah.
  5. Tekanan darah
    Pemeriksaan tekanan darah penting dilakukan guna mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Tekanan darah yang tinggi dapat berisiko memicu hipertensi sehingga melakukan pengecekan dapat mencegahnya timbul sejak awal. Kamu bisa melakukan pengecekan tekanan darah secara teratur setiap seminggu atau dua minggu sekali menggunakan alat pengukur tekanan darah yang akurat.
  6. Tinggi badan
    Dengan melakukan pengecekan tinggi badan secara rutin, kamu dapat mengetahui apakah terdapat masalah kesehatan tulang dalam tubuhmu. Kamu dapat mengidentifikasi apakah terjadi perubahan tulang yang tidak wajar dan tidak diinginkan, terlebih ketika pertumbuhan tinggi badan telah berhenti ketika menginjak usia dewasa.

Merawat kesehatan tubuh menjadi prioritas penting demi hari tua yang lebih baik. Kamu bisa melakukan pemeriksaan seperti yang sudah dijelaskan di atas secara rutin, menjaga pola makan dan pola tidur, serta rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat bugar.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular