Monday, June 24, 2024
spot_img

5 Taman di Pontianak yang Cocok untuk Melepas Penat

Hi!Pontianak – Memasuki akhir pekan bagi kamu, khususnya warga Kota Pontianak yang belum sempat berencana atau malas untuk berakhir pekan keluar kota, tidak perlu bosan. Sebab, di Kota Pontianak ada beberapa tempat yang cukup asyik untuk dikunjungi.

Di antaranya, Kota Pontianak memiliki sejumlah ruang terbuka hijau atau taman kota yang cukup untuk menyegarkan pikiran kembali akibat jenuhnya pekerjaan.

Baca Juga

Pemkot Pontianak Restorasi Rumah Tua Bersejarah Untuk Jadi Daya Tarik Wisata

4 Rekomendasi Tempat Kuliner di Pontianak yang Kerap Dikunjungi Selebriti

Berikut rekomendasi 5 taman di Kota Pontianak yang cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu di kala penat:

1. Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-alun Kapuas. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Taman Alun-alun Kapuas. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak

Ingin piknik sederhana dan hemat namun bisa melepas segala kepenatan, berkunjunglah ke Taman Alun-alun Kapuas. Menikmati pemandangan sungai yang membelah Kota Pontianak ini, sambil duduk santai dan menikmati sajian kuliner khas Pontianak menjadi saat menyenangkan saat berada di taman ini.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat jembatan penghubung antara taman dengan kawasan waterfront pinggiran sungai Kapuas. Jadi apabila kamu bosan hanya duduk memandangi sungai, kamu bisa berjalan-jalan mengitari jembatan.

2. Taman Rektorat Untan

Universitas Tanjungpura ternyata memiliki taman yang bisa digunakan oleh masyarakat luas. Yang mana taman tersebut berada di lingkungan gedung Rektorat Untan.

Salah satu daya tarik taman ini adalah karena bangunan sekitar gedung rektor yang megah dan unik dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga membuat pengunjung taman menjadi betah untuk berlama lama duduk santai ataupun menenangkan diri.

Selain itu, di sini terdapat kolam ikan dengan berbagai jenis ikan didalamnya sehingga menarik banyak pengunjung datang untuk memberi makan ikan tersebut, khususnya anak-anak. Taman satu ini biasanya ramai di sore hari karena suasananya yang nyaman.

3. Taman Akcaya

Selanjutnya, taman yang bisa menjadi tempat yang pas untuk melepas penat ialah taman Akcaya yang berada di jalan Sultan Syahrir Abdurahman. Taman ini banyak ditumbuhi oleh pepohonan, hingga membuat suasana sangat sejuk dan juga rindang untuk melepas penat.

Baca Juga

Menikmati Waktu Libur di Riam Berawatn, Air Terjun di Bengkayang

Berawal dari Hobi, Warga Singkawang Bikin Kebun Anggur di Halaman Rumah

Untuk yang ingin berolahraga ringan, di Taman Akcaya Pontianak juga sudah ada jogging track. Selain itu, di taman kota ini juga ada perpustakaan mini yang bisa digunakan sebagai sarana membaca gratis.

Taman ini terletak di lokasi yang strategis, sehingga mudah untuk diakses oleh warga ataupun pendatang yang ingin singgah. Ketika malam hari, taman ini tidak kalah ramai dari siang hari.

4. Taman Digulist

Taman Digulis Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Taman Digulis Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak

Bisa dibilang, taman satu ini adalah salah satu taman untuk nongkrong dan bersantai yang paling nyaman di kota Pontianak. Terletak di pusat kota, taman Digulis sangat strategis dan memiliki akses yang mudah dijangkau. Layaknya destinasi wisata lainnya, taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa membuat para pengunjung menjadi nyaman dan betah.

Area playground yang sudah dilengkapi dengan berbagai permainan, sangat cocok digunakan untuk tempat bermain anak. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpul para komunitas-komunitas yang ada di Pontianak.

5. Taman Catur Ayani

Tak jauh dari Taman Digulist, cukup dengan menyeberang kamu sudah langsung berada di Taman Catur Ayani. Taman juga cocok untuk kamu yang sedang ingin beristirahat sejenak. Sebab taman ini banyak di hiasi aneka tanaman hias.

Selain itu, sesuai dengan namanya, di taman ini terdapat lapangan catur raksasa yang juga dilengkapi dengan papan catur. Kamu juga bisa bermain disini. Juga, uniknya, taman ini memiliki pigura berbentuk kaca yang berisikan informasi yang menjelaskan mengenai Kota Pontianak.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular