Thursday, April 18, 2024
spot_img

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pontianak yang Wajib Dibeli

Saat kamu berkunjung ke Pontianak, kamu wajib membawa pulang oleh-oleh khas kota ini. Oleh-oleh khas Pontianak juga mudah dicari dan tak membutuhkan waktu lama.

Kota Pontianak memiliki berbagai produk makanan dan minuman yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Tak heran jika pemudik atau wisatawan mengunjungi Pontianak sebagai salah satu tempat menarik untuk mencari oleh-oleh.

Berikut 5 rekomendasi oleh-oleh khas Pontianak yang wajib kamu beli saat berkunjung ke Kota Khatulistiwa (julukan Kota Pontianak):

1. Lempok Durian

Lempok durian. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Lempok durian. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Lempok Durian merupakan makanan tradisional khas Kalimantam Barat yang terbuat dari durian. Makanan ini hampir mirip sengan dodol, namun lempok durian tidak menggunakan campuran tepung melainkan terbuat dari daging durian dan gula pasir sebagai bahan pengawet alaminya.

Lempok durian memiliki tekstur yang kenyal dan legit. Aroma durian dan rasa manis dari lempok durian menjadikan makanan ini digemari masyarakat. Tak heran jika lempok durian menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pontianak.

2. Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng srikaya. Foto: Instagram @licsaysyummy
Pisang goreng srikaya. Foto: Instagram @licsaysyummy

Pisang goreng srikaya ini cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Pontianak. Berbeda dari pisang goreng biasanya, pisang goreng dengan olesan selai srikaya ini menjadi makanan khas Pontianak yang digemari masyarakat.

Pisang goreng srikaya dibuat menggunakan pisang nipah yang dipotong kemudian digoreng menggunakan tepung. Setelah matang, pisang goreng dimakan dengan selai srikaya yang lembut dan manis. Perpaduan pisang goreng yang panas dengan selai srikaya di atasnya membuat pisang goreng ini lezat saat disantap.

3. Bingke Berendam

Bingke berendam. Foto: Instagram @bingkekamboja
Bingke berendam. Foto: Instagram @bingkekamboja

Bingke berendam dikenal sebagai oleh-oleh khas yang wajib kamu beli saat berkenjung ke Pontianak. Makanan ini juga menjadi salah satu sajian yang cukup digemari masyarakat, terlebih saat berbuka puasa.

Rasa manis dan tekstur yang lembut dari bingke berendam menjadi salah satu hal yang wajib dicicipi bagi pengunjung dari luar Kalbar.

Nah, disebut sebagi bingke berendam karena makanan ini terdapat sedikit kuah yang berasal dari adonan bingke. Meski tidak banyak, namun jika dilihat bingke ini sedang berendam di dalam air.

4. Olahan Lidah Buaya

Lidah buaya. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Lidah buaya. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Saat berkunjung ke Pontianak, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh lidah buaya. Lidah buaya bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Kamu bisa memilih olahan lidah buaya apa saja yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-olah khas Pontianak mulai dari minuman lidah buaya, cokelat, stik keju, kerupuk, teh, kopi, bahkan kue nastar.

Tak hanya itu, lidah buaya juga terkenal dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, sehingga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

5. Kopi

Kopi. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Kopi. Foto: Teri/Hi!Pontianak

Kota Pontianak dijuluki sebagai kota seribu warung kopi. Nah, saat berkunjung ke Pontianak jangan lupa mencicipi berbagai jenis kopi lokal yang cukup dikenal di Pontianak.

Kamu juga bisa membawa berbagai jenis kopi untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada kopi robusta mulai dari kopi kemasan kopi cap obor, kopi djempol, kopi asiang, kopi aming, dan lain sebagainya. Kopi robusta hingga kini menjadi kopi andalan bagi masyarakat Kota Pontianak.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular