Tuesday, July 16, 2024
spot_img

5 Makanan yang Sedap Dinikmati Saat Hujan

Hi!Pontianak – Cuaca saat ini memang tidak menentu. Disaat pagi hari langit cerah namun tiba-tiba sore hari turun hujan deras hingga malam hari. Saat seperti ini, tak semua makanan pun cocok dinikmati saat musim hujan. Biasanya, makanan yang panas akan lebih nikmat disantap karena mampu memberikan kehangatan pada tubuh.

Mi ayam dan bakso pasti masuk daftar maknan yang kamu pikirkan kalau lagi hujan. Selain itu, masih banyak banget makanan yang pasti jadi lebih lezat dinikmati ketika hujan. Berikut ini diantaranya:

1. Mi Lemak Timbul

Mi Lemak Timbul disajikan dengan potongan lemak yang gurih. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
Mi Lemak Timbul disajikan dengan potongan lemak yang gurih. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak

Makanan berkuah seperti mi, memang menjadi salah satu makanan favorit semua kalangan tidak peduli di saat cuaca sedang panas terik atau musim hujan. Mi selalu menjadi kuliner yang sangat populer. Mi lemak timbul pun bisa menjadi pilihan.

Mi dengan siraman kuah kaldu bercampur beberapa potongan lemak ini pastinya akan menjadi sajian yang pas dikala hujan. Aroma lemak segar ditambah dengan mi yang masih hangat, akan menghangatkan tubuh kalian Yang lagi dingin. Terlebih lagi disantap bareng doi, makin hangat.

2. Mi Patamuan

Mi Patamuan. Foto: Istimewa
Mi Patamuan. Foto: Istimewa

Saat hujan, jika sedang di rumah mi kemasan akan menjadi makanan paling ampuh untuk menunda lapar di saat hujan. Namun, jika disantap itu-itu saja tanpa varian lain akan bosan juga.

Nah, di kawasan jalan Danau Sentarum, Pontianak ada sebuah warung kopi yang menyajikan mi kemasan dengan cita rasanya yang bisa dibilang selalu melekat di hati. Mi bernama Mi Patamuan atau Barbara ini merupakan mi favorite kalangan anak muda. Yang berbeda mi ini dengan mi kemasan adalah mereka memasak mi instan yang beda dari warung biasanya.

Kalian akan menemukan Mi Patamuan dengan rasa bumbu yang khas dikarenakan banyaknya bahan digunakan seperi saus, sosis, telur dengan kuah yang menggugah selera juga. Harganya pun sangat menjangkau anak remaja, menjadikan warung ini menjadi favorit anak remaja.

3. Bubur Pedas

Bubur pedas. Foto: Ist
Bubur pedas. Foto: Ist

Bubur memang kedengarannya merupakan makanan yang sangat simple atau sederhana. Tetapi bubur yang satu ini, sangat digemari orang Pontianak dan juga turis-turis yang berkunjung ke kota ini. Dalam bahasa Sambas, hidangan bubur pedas ini dinamakan sebagai ‘Bubbor Paddas’.

Makanan berbahan dasar beras yang disangrai dan ditumbuk dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu ditambah dengan berbagai macam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan lain-lain ini sangat cocok disantap disaat musim penghujan.

Selain wangi khas bubur pedas berasal dari daun kesum dan daun kunyit yang begitu menggoda. Isian daging atau tetelan tulang sapi, bersama dengan beras tumbuk membuat makanan khas sambas inj akan mengenyangkan dan menghangatkan badan dikala lapar saat hujan. Warung yang terkenal dalam menjual bubur pedas ini adalah Bubbor Paddas Pa’ Ngah yang berlokasi di Jalan Pangeran Nata Kusuma, tepatnya di samping Gang Siliwangi, Pontianak

4. Bakmi Pangsit Haji Abbas

Bakmi Pangsit Haji Abbas. Foto: Istimewa
Bakmi Pangsit Haji Abbas. Foto: Istimewa

ajian mi lagi nih. Tapi kali ini bakmi khas Chinese namun dijamin halal. Untuk rasanya jangan diragukan lagi, silahkan di coba.

Berlokasi di jalan Gajah Mada, Gg H. Abbas 2, bakmi pangsit ini cukup legendaris di Kota Pontianak. Banyak pilihan menu bakmi yang bisa kamu coba, mulai dari bakmi kering, bakmi kuah, mi tiap goreng, mi tiap kuah, dan nasi goreng. Harganya pun cukup bersahabat mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu untuk porsi jumbo.

5. Seblak

Seblak. Foto: Dapurkobe
Seblak. Foto: Dapurkobe

Selain makanan berkuah, makanan dengan cita rasa pedas juga bisa menjadi salah satu makanan andalah disaat musim hujat, seperti seblak. Menikmatin seblak, kini tak perlu jauh-jauh ke Bandung, sebab di Pontianak juga ada.

Seblak adalah makanan yang bercita rasa gurih dan pedas, terbuat dari kerupuk yang basah dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur,ayam, maupun ceker ayam. Untuk Tingkat kepedasannya bisa kamu pilih sesuai kemampuan lidahmu, mulai dari level satu hingga level lima. Pedasnya dijamin menggigit lidah hingga sanggup bikin bibir terasa panas.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular