Thursday, May 23, 2024
spot_img

5 Khasiat Air Serbat, Minuman Pengusir Tamu Khas Melayu Kalbar

Pontianak Today – Air serbat atau juga dikenal dengan sebutan minuman ‘pengusir tamu’ merupakan minuman rempah khas masyarakat Melayu di Kalimantan Barat. Air serbat sering disajikan sebagai hidangan penutup dari acara jamuan makan ataupun syukuran sehingga dikenal dengan istilah ‘pengusir tamu’.

Minuman tradisional yang terbuat dari berbagai macam rempah ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh, loh. Berikut adalah beberapa khasiat dari air serbat.

1. Meningkatkan imun tubuh

Kayu secang, salah satu bahan utama dalam minuman air serbat dipercaya sebagai ramuan obat tradisional yang ampuh untuk berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam. Hal ini diperkaya dengan kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang bersifat antioksidan tinggi dan mampu meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Meningkatkan fungsi otak

Aroma air serbat dapat meningkatkan proses kognitif seseorang sehingga dapat membantu dalam mengingat dan berkonsentrasi berkat kandungan kayu manis di dalamnya.

3. Menjaga sistem pencernaan

Air serbat dianggap dapat mengatasi masalah sistem pencernaan, seperti diare, sembelit, hingga disentri berkat kandungan cengkeh dan kapulaga. Bahan rempah cengkeh dan kapulaga mengandung serat tinggi yang dapat merangsang sekresi enzim pencernaan sehingga sistem pencernaan pun dapat berfungsi dengan maksimal.

4. Menurunkan risiko kanker

Minuman air serbat juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengurangi risiko terkena kanker. Menurut penelitian dari University of Texas, kandungan senyawa gingerol dalam jahe yang memiliki sifat antikanker dan kayu manis dapat mengurangi proliferasi kanker.

5. Meredakan stress

Air serbat yang disajikan dalam kondisi hangat akan mengeluarkan aroma rempah-rempahan. Aroma harum yang khas tersebut akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan tenang sehingga dapat memperbaiki mood dan mengurangi stres.

Khasiatnya banyak, bukan? Jangan ragu lagi untuk meminum air serbat jika dihidangkan, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular