Friday, June 21, 2024
spot_img

5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Haji, Bisa Dikerjakan Setiap Hari

Hi!Pontianak – Ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Apabila belum bisa menunaikannya, Allah SWT memberikan kemurahan melalui sejumlah amalan yang pahalanya setara dengan haji.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis, Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Nah, untuk yang belum berkesempatan menunaikan haji tahun ini, berikut ulasan tentang amalan ringan yang pahalanya setara ibadah haji.

1. Salat Jamaah Lima Waktu di Masjid

Amalan pertama dengan pahala setara haji adalah salat jamaah lima waktu di masjid. Rasulullah SAW bersabda dalam hadist Bukhari dan Muslim, bahwa salat jamaah lebih utama 27 derajat daripada salat sendirian.

Dalam buku Keajaiban Tahajud, Subuh dan Dhuha, Ferry Taufiq El-Jaquene menjelaskan, yang dimaksud salat berjamaah yang mendatangkan pahala haji adalah apabila dikerjakan secara terus-menerus. Sementara itu, orang yang mengerjakan salat dhuha di masjid akan mendapat ganjaran setara umrah.

Pendapat ini merujuk pada hadits yang bersumber dari Abu Umamah. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan salat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan salat dhuha dan tidak ada tujuan lain seperti itu maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Dawud).

2. Zikir setelah Subuh

Zikir setelah salat subuh berjamaah hingga terbit matahari dan melanjutkannya dengan salat dua rakaat akan mendapat pahala setara haji dan umrah secara sempurna.Hal ini bersandar pada hadits yang diriwayatkan dari Anas. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa salat subuh berjamaah, lalu duduk berzikir kepada Allah SWT sampai terbit matahari, kemudian ia salat dua rakaat, maka amalan itu sama dengan pahala menunaikan ibadah haji dan umrah secara sempurna, sempurna, dan sempurna,” (HR At Tirmidzi dan hasan menurutnya).

3. Berbakti kepada Orang Tua

Amalan setara haji lainnya adalah berbakti kepada orang tua. Selain haji, amalan ini juga setara dengan jihad. Dikatakan dalam sebuah hadist yang berasal dari Anas bin Malik RA, ia berkata yang artinya: “Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah SAW bertanya padanya, ‘Apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup?’ Ia jawab, ‘Ibunya masih hidup.’

Rasul pun berkata padanya: “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad,” (HR. Ath-Thabrani).

4. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid

Dari Abu Ummah radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda yang artinya, “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir).

5. Bertekad untuk Berhaji

Memiliki tekad kuat dan telah ada usaha untuk melakukan ibadah haji, maka akan dicatat seperti melakukannya. Misalnya, ada yang sudah mendaftarkan diri untuk ibadah haji, tapi ia meninggal dunia sebelum keberangkatan, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama seperti menunaikan ibadah haji. Hal ini sesuai dengan sabda dari Jabi ra dalam sebuah peperangan Nabi Muhammad SAW berkata, “Sesungguhnya di Madinah ada beberapa orang yang tidak ikut melakukan perjalanan perang, juga tidak menyeberangi suatu lembah, namun mereka bersama kalian (dalam pahala). Padahal mereka tidak ikut berperang karena mendapatkan uzur sakit.” (HR. Muslim).

Meski ada sejumlah amalan yang pahalanya setara dengan haji, bukan berarti perintah haji tidak berlaku bagi orang yang sudah mengerjakan amalan tersebut. Rukun Islam yang kelima ini tetap diwajibkan bagi siapapun.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular