Tuesday, April 23, 2024
spot_img

4 Warung Kopi Legendaris di Pontianak yang Wajib di Kunjungi

Hi!Pontianak – Kota Pontianak dikenal sebagai kota ‘Seribu Warung Kopi’. Julukan ini dapat terlihat dari persimpangan jalan Gajahmada Pontianak dengan icon tulisan “Gajahmada Coffee Street“.

Sepanjang Jalan Gajahmada dan Jalan Tanjungpura, kamu akan menemukan berbagai macam jenis warung kopi. Namun, ada sejumlah warung kopi yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Saat singgah ke Pontianak, tentu kamu tak boleh melewatkan duduk, menyeruput kopi, sambil menikmati suasananya.

Baca Juga

Aming Coffee Kini Hadir di Ketapang, Siap Sumbang PAD dan Buka Lapangan Pekerjaan

Mencicipi Sajian Ubi Goreng Khas Warkop ‘Sumber Segar’ di Pontianak

Berikut 4 warung kopi legendaris rangkuman Hi!Pontianak yang wajib kamu kunjungi.

1. Warung Kopi Suka Hati

4 Warung Kopi Legendaris di Pontianak yang Wajib Kamu Kunjungi (1)
Selain kopinya yang enak, Warkop Suka Hati juga terkenal dengan selai srikaya yang nikmati. Foto: Teri Bulat

Ini dia warung kopi legendaris pertama. Warung kopi Suka Hati berdiri sudah sejak 1942 dan hingga kini bangunannya sudah berumur 77 tahun.

Warung kopi suka hati berada di jalan Tanjungpura. Bangunannya masih terlihat kokoh, desain tak pernah berubah sejak zaman dahulu, pemilik warung kopi hanya mengubah warna dindingnya saja.

Kopi susu dan pisang srikaya adalah menu favorit di warung kopi Suka Hati.

2. Warung Kopi Asiang

4 Warung Kopi Legendaris di Pontianak yang Wajib Kamu Kunjungi (2)
Warkop Asiang terkenal dengan Pak Asiang yang melayani pembeli dengan bertelanjang dada. Foto: Teri Bulat

Warung kopi Asiang juga tak kalah legendaris. Ciri khas warkop ini adalah Pak Asiang. Ia hampir selalu bertelanjang dada saat meracik kopi. Soal rasa, sudah tak perlu diragukan. Warung kopi ini berdiri sejak tahun 1958, lokasinya berada di jalan Merapi.

Bisnis tersebut merupakan bisnis turun temurun yang diwariskan. Asiang sempat mengubah desain warung kopinya karena jumlah konsumen yang membludak.

Desain warung kopi tersebut diubah menjadi sedikit lebih luas, serta ditambah dengan beberapa desain interior di dalamnya. Eits, tapi perubahan ini tanpa mengurangi nuansa legendarisnya, lho!

Oh ya, Warkop Asiang juga menyediakan ruang VIP di lantai 2. Biasanya lantai 2 diperuntukkan bagi tamu-tamu penting.

3. Warung Kopi Aming

4 Warung Kopi Legendaris di Pontianak yang Wajib Kamu Kunjungi (3)
Ciri khas dari Kopi Aming adalah, selalu ada biji kopi di dalam gelas seduhannya. Foto: Teri Bulat

Warung kopi yang terletak di Jalan H. Abbas ini sudah berdiri sejak 1970, hingga kini kurang lebih sudah berumur 49 tahun.

Kini Warung kopi Aming juga sudah membuka gerai di sejumlah pusat perbelanjaan. Di pagi hari, semua golongan masyarakat baik tua maupun muda, tumpah ruah di warung kopi ini.

Menu idola di sini adalah kopi saring dan kopi susunya. Oh ya, telur setengah matang juga andalan mereka, lho!

4. Warung Kopi Djaja

4 Warung Kopi Legendaris di Pontianak yang Wajib Kamu Kunjungi (4)
Warung kopi Djaja berada di wilayah Kota tua, di Jalan Tanjungpura, tak jauh dari warung kopi Sukahati. Foto: Teri Bulat

Warung kopi yang berada di Jalan Tanjungpura Pontianak ini sudah berumur kurang lebih 80 tahun. Hingga kini, warung kopi yang terletak di daerah kota lama ini masih sering dipadati ramai oleh konsumennya.

Sempat merenovasi warungnya seperti memperbaiki lantai yang pecah dan mengganti warna dinding, kini warung kopi Djaja terlihat lebih leluasa. Yang menjadi menu legendaris di sini adalah kopi saring dan kopi susunya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular