Sunday, May 19, 2024
spot_img

4 Istilah Psikologi Perasaan yang Sering Dialami, Apa Saja?

Pontianak Today – Berbagai kondisi umum yang sering dirasakan manusia, seperti mendadak lupa ingin mengatakan apa hingga menolak sesuatu yang sebenarnya diinginkan, ternyata memiliki istilahnya sendiri, loh.

Meskipun sering dialami oleh orang-orang, ternyata masih banyak yang belum mengetahui istilah perasaan-perasaan tersebut. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya.

  1. Accismus
    Accismus adalah istilah yang menggambarkan suatu perasaan di mana seseorang berpura-pura menolak sesuatu, padahal sebenarnya hal itu sangat disukai atau diinginkannya.

Contoh kondisi Accismus dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika seseorang menawarkanmu makanan ringan sebagai cemilan di kala rapat, tetapi kamu menolaknya. Padahal kamu sangat menginginkan cemilan tersebut untuk mengganjal perut.

  1. Adronitis
    Adronitis adalah istilah kondisi psikologis ketika seseorang menghadapi tantangan saat hendak berkenalan ataupun berbicara dengan orang lain.

Contoh kondisi Adronitis adalah ketika kamu sudah mengenal seseorang cukup lama, tetapi kamu membutuhkan waktu yang lama pula agar bisa dekat dengan orang tersebut karena kesulitan yang dihadapi.

  1. Erotomania
    Erotomania adalah istilah gangguan psikologis di mana seseorang percaya atau sangat yakin bahwa ada orang yang sedang jatuh cinta kepadanya. Bahkan, penderita masalah kejiwaan ini juga bisa menganggap ada orang terkenal yang jatuh cinta kepadanya. Padahal apa yang dirasakannya itu tidak benar.

Contoh kondisi Erotomania adalah ketika kamu bercerita ke orang lain bahwa idola Korea favoritmu sering menghubungi dan menyukaimu, padahal nyatanya tidak alias hanya delusi.

  1. Lethologica
    Lethologica adalah istilah yang menggambarkan suatu kondisi ketika seseorang ingin mengucapkan sesuatu, tetapi berujung lupa dan sulit untuk mengungkapkan kata-katanya.

Contoh kondisi Lethologica sering kita jumpai, misalnya ketika kamu sedang melakukan presentasi dan mendadak nge-blank karena lupa mau berbicara apa.

Itulah beberapa istilah yang dapat menjelaskan berbagai perasaan atau emosi yang selama ini mungkin sering kamu rasakan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular