Sunday, May 19, 2024
spot_img

3 Konsep Jepang untuk Atasi Kemalasan saat Puasa

Pontianak Today – Tak jarang rasa malas kerap menghampiri di waktu puasa karena kita harus menahan lapar dan haus dalam waktu yang cukup lama. Meskipun sedang berpuasa, kita harus tetap produktif dengan melakukan berbagai kegiatan positif agar terhindar dari rasa malas.

Untuk mengatasi kemalasan saat puasa, berikut ini tiga konsep dari Jepang yang bisa kamu terapkan. Yuk, disimak sampai habis!

1. Ikigai

Konsep Ikigai mengharuskan kita untuk mengetahui tujuan dalam hidup supaya dapat menjalani hidup dengan bahagia, seperti mengetahui apa yang disukai, bidang apa yang dikuasai, apa yang dunia butuhkan, hingga skill apa yang bisa membuatmu dibayar. Prinsip ini membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna dan berharga.

Melalui konsep Ikigai, kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam lagi. Kamu bisa mencoba memanfaatkan waktu luang saat puasa dengan mencari passion di dalam dirimu.

2. Kaizen

Konsep Kaizen juga dikenal dengan ‘Prinsip 1 Menit’ di mana kita meluangkan waktu satu menit dalam satu hari untuk melakukan suatu hal setiap harinya. Kaizen mengajarkan kita untuk bisa menjadi orang yang konsisten dengan terus berprogres, meski hanya satu menit di setiap hari.Konsistensi adalah kunci.

Bagi kamu yang ingin berusaha konsisten terhadap suatu hal, terutama di bulan puasa, kamu bisa coba terapkan prinsip Kaizen ini, ya.

3. Shonshin

Konsep Shonshin mengajarkan kita untuk selalu memiliki rasa keingintahuan dan keterbukaan untuk terus belajar dan melakukan hal-hal baru. Dengan memiliki rasa haus akan pengetahuan yang tinggi, kita akan terus tergerak untuk melakukan hal positif tersebut dan terhindar dari rasa malas yang berlebihan.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba hal-hal baru saat puasa, kamu bisa menerapkan konsep Shonshin.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular