Thursday, July 25, 2024
spot_img

Viral Video Ikan Lele Berwarna Emas, Ini Faktanya

Hi!Pontianak – Ikan lele umumnya memiliki warna kulit yang gelap. Namun, pemilik akun TikTok @mtdg1996 menunjukkan jika dirinya memiliki ikan lele berwarna emas. Tentu ini merupakan fenomena tak biasa ini mencuri perhatian.

Layaknya ikan lele pada umumnya, lele emas satu ini juga terlihat licin saat hendak dipegang. Bagian patilnya juga memiliki warna serupa dengan badannya yang emas polos.

Lantaran begitu menarik, ada orang yang menawar lele ini seharga Rp250 juta. Namun, pemilik lele menolak untuk menjual lelenya. Ia berharap lele tak biasa ini bisa mendatangkan keberkahan dalam hidupnya.

Hingga kini video lele emas ini sudah diputar sebanyak 8 juta kali. Sebagai 13 ribu komentar dan 400 lebih tanda suka sudah didapat oleh pemilik akunmtdg1996.

https://www.tiktok.com/@mtdg1996/video/7158096922312477979?_r=1&_t=8WsEt4XxCQD&is_from_webapp=v1&item_id=7158096922312477979

Melansir dari Kompas, Peneliti Utama Bidang Ikan BRIN Haryono mengatakan, lele berwarna emas tersebut menyerupai jenis albino. Lele albino, kata dia, juga telah banyak ditemukan.

“Beberapa jenis ikan sebenarnya sudah banyak yang albino. Lele ini mirip dengan yang albino,” ujarnya.

Penyebab lele dapat menjadi albino dikarenakan adanya kelainan atau bisa rekayasa genetik. Menurutnya, adanya lele albino berwarna emas merupakan hal yang biasa.

Haryono mengaku sering menemukan keberadaan lele albino di daerah Sulawesi. Lele albino itu biasanya dipelihara dan dikonsumsi oleh warga setempat.

“Di Sulawesi saya sering nemuin dan dikonsumsi juga walaupun ada yang dipelihara untuk hias,” kata Haryono.

Namun demikian, ia tidak mengetahui secara persis sebaran lele albino tersebut. Yang pasti, lele albino sudah banyak tersebar.

“(Lele albino) hal yang biasa karena ikan lain juga banyak yang albino,” tandasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular