Thursday, July 25, 2024
spot_img

Viral Rambut Siswa SD Dipenuhi Kutu, Ini 4 Cara Membasminya

Hi!Pontianak – Baru-baru ini di TikTok viral sebuah video yang menunjukkan guru SD tengah menyerit rambut seorang siswa perempuan. Di video itu, tampak banyak sekali kutu berjatuhan usai sang guru menyisir rambut anak muridnya itu menggunakan serit.

Baca Juga

Viral Aksi Guru Bersihkan Rambut Murid yang Dipenuhi Kutu

Sebagai informasi, kutu rambut adalah serangga parasit yang hidup di kulit kepala. Kutu rambut dapat berkembang biak dan menghasilkan telur-telur yang biasanya akan dibiarkan menempel pada batang rambut hingga menetas.

Infeksi kutu rambut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menyebabkan rasa geli, gatal, dan luka kemerahan di kulit kepala. Oleh sebab itu, kutu rambut dan telurnya perlu diatasi dengan cara yang tepat.

Cara utama untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir bergigi halus dan rapat yang memang dibuat khusus untuk membersihkan kutu rambut.

Aksi guru memotong rambut dan membuang kutu rambut murid tuai pujian dari warganet. Foto: Dok. TikTok @zeraazzahra.

Kendati demikian, selain menggunakan sisir serit ada bermacam-macam bahan untuk membantu membasmi kutu rambut beserta telurnya.

Apa saja, berikut Hipontianak berikan ulasan dikutip dari berbagai sumber.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut. Kemudian ikat rambut Anda dengan erat dan tutupi dengan shower cap saat tidur agar tidak menodai bantal.

Di pagi hari, gunakan sisir kutu untuk menyisir rambut berminyak dengan hati-hati dari kulit kepala hingga ujung rambut. Ulangi setiap minggu selama sebulan untuk menghilangkan kutu dan telurnya.

  1. Tea tree oil

Dari semua minyak esensial, minyak pohon teh atau tea tree oil adalah salah satu yang menawarkan sifat anti-jamur dan anti-mikroba yang mampu menghilangkan kutu dan bakteri. Sifat pada tea tree oil tersebut membantu membunuh kutu beserta telurnya.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes tea tree oil langsung pada kulit kepala dengan disertai pijatan ringan. Kemudian ikat rambut, biarkan selama 2-3 jam. Setelah itu bilas dengan air panas. Ulangi cara mengatasi kutu rambut ini secara rutin setiap minggu selama sebulan.

  1. Garam dan Cuka

Kombinasi natrium klorida dan asam asetat dikenal mampu membasmi kutu yang bersarang di kulit kepala. Cuka dan garam memiliki sifat mengeringkan dan menghilangkan kelembaban dari rambut yang berfungsi untuk membasmi kutu beserta telurnya.

Cara menggunakannya mudah. Campurkan secangkir garam dengan secangkir cuka kemudian aduk dan simpan dalam botol semprot. Semprotkan larutan ini ke seluruh kulit kepala dan panjang rambut Anda, biarkan mengering selama 2 jam kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini tiga kali seminggu selama sebulan.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan kutu sekaligus telurnya dengan cepat. Kandungan sulfur dan aroma yang tajam dari bawang putih dipercaya dapat membuat kutu menjadi lemas dan mati.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan 10 siung bawang putih dan mencampurkannya dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama setengah jam.

Cuci rambut dengan air hangat dan gunakan sisir untuk menghilangkan kutu yang telah mati. Terapkan cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih ini secara rutin seminggu sekali.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular