Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Viral Curhatan Pegawai Gaji Gede Ditolak Ajukan Kredit Gegara BI Checking Jelek

Hi!Pontianak – Viral di media sosial Twitter,. Seorang pegawai memiliki gaji tinggi mengaku ditolak oleh bank saat pengajuan kredit ke bank. Disinyalir, hal tersebut karena BI checking yang bersangkutan memiliki skor yang buruk.

Curhatan pegawai yang tak diketahui namanya itu diketahui dari unggahan akun Twitter @hrdbacot. Twit viral itu menyebutkan bahwa seseorang yang berpenghasilan tinggi bisa saja ditolak oleh bank atau lembaga keuangan ketika mengajukan cicilan KPR.

Ia pun mempertanyakan bagaimana penghitungan terkait BI Checking tersebut.

Sebagai informasi, KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah.

Ketika mengajukan KPR tersebut, BI checking diperlukan untuk pengecekan riwayat kredit di Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia yang dilakukan oleh debitur.

Hingga Kamis, 20 Oktober twit tersebut telah dikomentari oleh 749 warganet, dibagikan kepada 6.465 akun, dan disukai sebanyak 22.000 pengguna Twitter.

Netizen menanggapi beragam ada yang menjelaskan terkait SLIK sampai menjelaskan apa saja yang bisa mempengaruhi penyetujuan kredit.

Gue sebagai marketing perumahan KPR, mau sharing sedikit cmiiw, jadi alasan KPR ditolak tuh bukan hanya gaji ya nder, tapi KOL. BI checking lo yang paling berpengaruh. Maka dari itu, kalo memang lo ada tunggakan sebelumnya entah kartu kredit atau apa baiknya dilunasin terus minta surat pelunasannya,” tulis

Teman-teman saat ini media pengecekan bukan hanya dari BI checking saja tapi ada lainnya juga seperti Pefindo dan sebagainya, perilaku konsumtif seperti menggunakan paylater, P2P dan sebagainya sebisa mungkin dihindari atau seminimal mungkin, karena ini tercatat di BI checking,” tulis dia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular