Saturday, July 20, 2024
spot_img

TV Analog Switch Off, Ini Cara Instal STB untuk Nonton Siaran TV Digital

Hi!Pontianak – Kominfo resmi menyuntik mati siaran TV analog di Jabodetabek pada Rabu (2/11) tengah malam. Siaran TV analog dipindahkan ke siaran TV digital yang menyuguhkan tayangan dengan kualitas gambar dan suara lebih jernih.

Warga tidak perlu mengganti televisinya untuk bisa menonton siaran digital. TV tabung dan antena yang sebelumnya digunakan untuk menonton siaran analog masih bisa digunakan, cukup dengan menambahkan Set Top Box (STB).

STB bekerja seperti converter dengan fungsi menangkap sinyal digital, sehingga perangkat televisi tipe tabung sekalipun bisa membacanya dan menayangkan siaran TV digital. Berikut cara instalasinya:

Cara instal set top box untuk menonton siaran digital

Analog switch off resmi diberlakukan pada 2 November 2022. Masyarakat tidak perlu membeli TV atau antena baru, cukup tambah perangkat set top box untuk mengganti siaran analog ke digital.

1. Siapkan set top box

Siapkan set top box yang sudah tersertifikasi resmi Kominfo.

2. Pasang antenna ke set top box

Hubungkan set top box ke antena yang biasa digunakan.

3. Pasang kabel RCA dari STB ke TV

Pasang kabel RCA dari STB ke TV. Kabel RCA adalah kabel yang berwarna warna merah, kuning dan putih.

4. Nyalakan STB dan TV

Setelah semuanya tersambung, nyalakan STB dan TV.

5. Pilih input HDMI atau AV

Di pengaturan TV, pilih input HDMI atau AV.

6. Di menu STB, pilih opsi pencarian

Setelah tersambung dan menu STB tampil, cari opsi pencarian sinyal. STB secara otomatis akan mencari sinyal.

7. Setelah selesai, simpan siaran

Setelah selesai pencarian, simpan siaran yang sudah didapat. Siaran TV digital pun sudah dapat dinikmati.

Masyarakat bisa mendapatkan STB secara gratis dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan syarat masuk kategori Rumah Tangga Miskin yang datanya berasal dari Kementerian Sosial dan sudah diverifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.

Distribusi sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya, tapi Kominfo tetap membuka posko STB gratis di Jabodetabek dan beberapa wilayah lain per hari ini sampai beberapa hari ke depan. Bagi Rumah Tangga Miskin yang masih belum kebagian STB gratis bisa mengunjungi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB untuk mendapatkannya, agar bisa tetap menonton TV ketika ASO telah berlangsung.

Kominfo mengatakan Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di Jabodetabek dibuka dari 2 hingga 4 November 2022, dengan jam operasional dari 08.00 hingga 19.00 WIB. Sementara layanan call center-nya dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular