Saturday, July 20, 2024
spot_img

Sering Merasa Insecure, Atasi Dengan 5 Langkah ini

Hi!Pontianak – Apakah kamu sering mengalami perasaan tidak percaya diri atau insecure terhadap sekitar? Perasaan tersebut memang tidak dapat terhindarkan dan dialami oleh hampir semua orang.

Insecure merupakan istilah yang digunakan untuk perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi. Ada banyak hal yang bisa membuat insecure, seperti wajah, penampilan, kisah asmara atau membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain Dengan munculnya perasaan yang tidak nyaman tersebut, dapat mengganggu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Kenali 4 Cara Cek Komitmen Pasangan Kamu

Tepatkah Menutupi Perilaku KDRT? Ini Kata Psikolog di Pontianak

Saran Psikolog saat Kamu Menghadapi Kekecewaan Setelah Batal Menikah

Pakar Psikologi Klinis, Christine Ang, dalam unggahan di media sosialnya memberikan tips untuk mengatasi rasa insecure kamu. Berikut ini diantaranya :

1. Tulis Kata-kata Positif di Jurnalmu.

Saat kamu sedang merasa insecure, kamu butuh kata-kata positif untuk melawan insecurity di dalam dirimu. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan membaca kata-kata positif yang ada di jurnalmu keras-keras atau terus ulangi kata-kata itu dalam hatimu.

2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif.

Semua orang pasti membutuhkan teman yang bisa mendukung dirinya di saat mereka sedang tidak percaya diri. Saat kamu mulai merasa insecure, komunikasikan kepada teman-teman terdekatmu dan minta mereka untuk mengingatkanmu akan hal positif yang kamu miliki.

3. Kurangin penggunaan sosial media.

Sosial media adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya rasa insecure. Dengan mengurangi penggunaan sosial mediamu, kamu menjadi tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Lakukan hal-hal yang positif, seperti melakukan hobimu

Temukan hobimu. Saat kamu disibukkan dengan kegiatan yang kamu senang lakukan, kamu tidak ada waktu untuk merasa insecure. Bila kamu belum tahu kegiatan apa yang kamu senangi, jangan takut untuk mencoba semua hal.

5. Temukan Kelebihanmu.

Seringkali, kita terlalu fokus dengan kekurangan kita sehingga menjadi insecure. Coba lihat kelebihanmu yang selama ini kamu anggap biasa. Bersosialisasi dengan baik juga merupakan suatu kelebihan loh. Jadi, temukan satu kelebihan yang selama ini kamu anggap tidak berarti dan fokus pada kelebihan itu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular