Thursday, February 22, 2024
spot_img

Sarawak Tourism Board Gandeng Travel Agent Singkawang, Promosikan Wisata Malaysia

Hi!Pontianak – Sarawak Tourism Board (STB) memperluas jejaring dengan Indonesia, dengan menggelar pertemuan antara Malaysia Healthcare Travel bersama Travel Agent di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Director of Sarawak Tourism Board, Barbara Benjamin Atan, mengatakan, kegiatan ini digelar setiap tahun. Namun ini kali pertama digelar setelah pandemi COVID-19.

“Ini adalah acara business networking session, bersama Sarawak Tourism Board. Acara ini kami membawa Malaysia Healthcare Travel, tourism Malaysia Jakarta, serta travel agent, hotel, dan juga rumah sakit yang di Sarawak, yakni Kuching dan Miri,” jelas Barbara.

Pada pertemuan tersebut, STB mendapat sambutan luar biasa dari para pengusaha di Kota Singkawang. Kegiatan ini digelar untuk mempromosikan Sarawak sebagau destinasi wisata, serta rumah sakit yang ada di Sarawak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Sarawak, sebagai destinasi wisata, lalu mempromosikan tempat-tempat wisata, serta rumah sakit yang ada di Sarawak,” ungkapnya.

Baca Juga

75 Persen Pasien Berobat ke RS BMC Kuching dari Indonesia

Damri Kembali Buka Rute Pontianak-Kuching, ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Damri Buka Kembali Rute Pontianak-Kuching, Tarif Mulai Rp 250.000

Barbara mengatakan pada tahun 2019, pihaknya menerima tamu wisatawan dari Indonesia sehanyak 417 ribu orang. Ia berharap dengan meredanya pandemi COVID-19 ini, pariwisata di Sarawak dapat kembali meningkat.

“Jadi kami mengharapkan lebih ramai lagi wisatawan dari Kalbar dan Indonesia bisa datang lagi ke Sarawak utamanya setelah pandemi COVID-19,” terangnya,

Meski di tengah situasi Endemi, kata Barbara, Sarawak, Malaysia tetap menjadi negara pilihan bagi para wisatawan medis dari Indonesia, karena keberhasilannya dalam memberikan kualitas berkelas dunia, mudah diakses, terjangkau, serta perawatan secara menyeluruh yang prima dan lancar.

“Dengan dibuka sepenuhnya kembali perbatasan Malaysia sejak 1 April 2022 lalu, berbagai rumah sakit swasta, maupun agen perjalanan wisata Malaysia, telah menyambut dan terus memperkuat komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkelanjutan secara aman, dan tepercaya bagi semua wisatawan,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Malaysia Healthcare Expo (MHTC) Indonesia, Farah Delah, mengatakan, pada saat pintu perbatasan dibuka pada 1 April 2022, para wisatawan medis khususnya dari negara Indonesia cukup antusias.

“Dengan senang hati kami Malaysia Healthcare juga menyambut dengan baik. Oleh karena itu kami juga akan menyelenggarakan kegiatan seperti Malaysia Healthcare Expo (MH EXPO) di Jakarta, Surabaya dan juga Medan pada bulan September nanti. Kami menawarkan berbagai penawaran perawatan kesehatan terbaik dalam hal fertilitas, kardiologi, onkologi, Hepatitis C, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Sebagai negara yang berdekatan dengan Provinsi di Kalimantan, banyak masyarakat Indonesia yang juga melakukan perawatan di Malaysia khususnya ke Sarawak dengan jarak yang cukup dekat, serta bisa ditempuh selama kurang lebih 6 jam.

Baca Juga

Menikmati Sajian Aneka Seafood di Atas Jantung Kota Kuching

Berkunjung ke Siniawan Night Market, Sajikan Kuliner dan Suasana Oriental

Warga Indonesia, kata dia, juga bisa ke Malaysia menggunakan jalur darat seperti mobil maupun bis yang bisa dipesan dengan harga tiket Rp 250 ribu.

“Malaysia adalah negara tujuan utama wisatawan medis dari Indonesia, dengan wilayah yang berdekatan di pulau Kalimantan, banyak warga Indonesia khususnya dari Pontianak. dan Singkawang yang melakukan perawatan opsi kedua ke Malaysia yang bisa ditempuh selama kurang lebih 6 jam melalui jalur darat. Tidak hanya jarak yang berdekatan, bahasa dan harga yang ditawarkan nya pun terjangkau,” tetang Farah.

Tingginya wisatawan Indonesia yang datang umumnya didorong oleh diakuinya Malaysia sebagai negara tujuan perawatan kesehatan yang aman, dan tepercaya di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan Malaysia.

Malaysia Healthcare memprioritaskan perawatan yang berkesinambungan kepada semua wisatawan medis yang datang, menawarkan perawatan medis yang berkualitas, dan rekreasi dengan pengalaman perjalanan terbaik secara mudah dan menyeluruh, selain tersedianya layanan dan produk medis bersertifikat halal yang mudah diakses serta lebih dekat lebih terjangkau.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular