Thursday, February 22, 2024
spot_img

PD Muhammadiyah Sekadau Gelar Salat Idul Adha, Sabtu, 9 Juli 2022

Hi!Sekadau – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Sekadau, Kalbar, menggelar salat Idul Adha 1443 Hijriah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Pelaksanaan salat Idul Adha digelar di kompleks Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sekadau, Jalan Merdeka Barat KM 2, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Adapun waktu pelaksanaan salat Idul Adha, yaitu pukul 07.00 WIB.

Muhamdi, Ketua PC Muhammadiyah Nanga Taman yang juga anggota DP Muhammadiyah Kabupaten Sekadau itu mengungkapkan, pelaksanaan salat Idul Adha tersebut sesuai dengan maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 H. Di mana, PP Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

“Maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sekadau akan melaksanakan salat Idul Adha pada hari dan tanggal tersebut,” ungkap Muhamdi kepada Hi!Pontianak, Kamis, 7 Juli 2022.

Baca Juga

Salat Idul Adha Digelar di Depan Kantor Walkot, Warga Diminta Datang Lebih Awal

Masyarakat Mempawah Kesulitan Cari Kambing Kurban, Kalau Ada Harganya Mahal

Bertindak sebagai imam utama salat Idul Adha, Ustaz Syamsul Hidayat dengan cadangan Ustaz Syamsu Alam. Sementara, khatib utama adalah Muhamdi dengan cadangan Ngumri.

“Adapun salat Idul Adha pada 9 Juli 2022 itu bersifat terbuka bagi semua umat Islam yang mau melaksanakannya,” ucap Muhamdi.

Diketahui, pemerintah menetapkan 10 Zulhijjah jatuh pada 10 Juli 2022. Penetapan tanggal Idul Adha dilakukan dengan berbagai metode sehingga dapat terjadi perbedaan hari pelaksanaannya. Perbedaan tersebut bukanlah hal baru dan tak perlu disikapi secara berlebihan.

“Mengenai perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi, diharapkan kepada semua umat Islam untuk saling menghormati dan menghargai,” pungkas Muhamdi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular