Wednesday, May 29, 2024
spot_img

Modus Penipuan Baru di Pontianak: Belanja, Pura-pura Transfer Lebih Lalu Minta Kembalian

Pontianak Today – Sebuah gerai pakaian di Jalan Tanjung Raya II, Kota Pontianak nyaris menjadi korban penipuan modus baru pada Rabu (18/1/24) sore. Aksi penipuan ini dilakukan dengan berpura-pura membayar lebih belanjaan melalui transfer, kemudian meminta uang kembalian.

Menurut penuturan saksi, semula pelaku yang berjumlah dua orang ini datang hendak membeli baju seperti konsumen pada umumnya. Namun, yang mencurigakan keduanya masih mengenakan helm dari datang hingga pergi.

Selesai memilih baju, pelaku menghampiri meja kasir untuk melakukan pembayaran. Ia mengaku sudah membayar via mobile banking namun nominalnya berlebih senilai Rp 408 ribu. Lantas pelaku meminta kasir untuk mengembalikan uang lebih yang sudah ditransfer sebesar Rp 200 ribu.

Saat di cek, ternyata tidak ada pembayaran yang masuk dari pelaku. Menyadari ada yang janggal, pemilik gerai kemudian menghampiri namun kedua pelaku bergegas pergi.

Dari rekaman CCTV, pelaku tampak menyimpan kendaraanya jauh dari gerai. Pihak gerai bersama karyawan sempat berlari kejar pelaku namun kehilangan jejak di depan jalan Rumah Sakit Yarsi. Meski begitu, pihak gerai berhasil melihat nopol kendaraan pelaku yakni KB 5474 HA.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular