Thursday, April 18, 2024
spot_img

Melihat Toko Jubel, Karya Seniman Pontianak yang Terinspirasi dari ‘Belukar’

Hi!Pontianak – Seniman di Pontianak, Arif Setiawan membuka suatu gelaran performatif dagang, yakni Toko Jubel (Jual Beli), di Nowdays Coffee, Jalan M Hambal, Pontianak.

Toko Jubel, kata Arif, terinspirasi dari ‘belukar’ atau dalam bahasa Indonesia disebut makelar. Belukar, di Pontianak identik dengan aktivitas perdagangan kalangan menengah ke bawah.

Toko jual beli tersebut dibuka sejak 2 Juli 2022, masyarakat dari mana pun dapat menitipkan atau menjualkan barangnya di toko tersebut.

Ia menerima apapun bentuk produk yang akan dijual tersebut, namun dengan persyaratan barang yang akan dijual ini memiliki historis atau gagasan yang dapat disampaikan.

“Jadi semua masyarakat di sini dapat menjualkan barangnya, bisa barang, bisa jasa. Namun harus ada historisnya,” kata Arif, Kamis, 7 Juli 2022.

Dari pantauan Hi!Pontianak, gelaran tersebut dibuat dengan apik, disusun dengan etalase yang rapi. Barang-barang yang dipajang pun berbagai macam, dibagi dengan berbagai golongan seperti barang merah, barang hijau, dan barang kuning.

Toko Jubel, Karya Seniman Pontianak yang Terinspirasi dari 'Belukar'  (1)
Prosesi potong tumpeng peresmian Toko Jubel. Foto: Leo Prima/Hi!Pontianak

Yang menjadi menarik dari Toko Jubel ini adalah setiap produk yang dijual memiliki historis tersendiri dari penitip. Setiap barang yang dipajang ada cerita-cerita yang menarik.

Barang yang dijual hingga saat ini terdapat kurang lebih 30 produk, mulai dari boneka, jas, jilbab, sepatu, kertas papyrus mesir, kotak aroma, kotak jamu, dan produk lain yang unik.

“Jadi mereka para penitip dapat memberikan gagasan di setiap produknya. Mereka dapat dengan bebas menceritakan historis dari barang tersebut. Mereka (penitip) di sini anonim, tidak diberi tahu identitas penjualnya,” ucap Arif.

Toko Jubel tersebut digelar mulai 2 hingga 16 Juli 2022, Toko Jubel buka mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. (Teri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular