Thursday, July 25, 2024
spot_img

Melihat Pameran Foto ‘Nyala Keruh’ Karya Fotografer Rendy Mahardika di Kedai Kopi Fase

Hi!Pontianak – Fotografer Pontianak, Rendy Mahardika, menggelar pameran foto bertajuk ‘Nyala Keruh’. Pameran fotografi yang digagas Artsensial ini digelar di Kedai Kopi Fase, mulai Rabu, 13 Juli 2022.

Kepada Hi!Pontianak, Rendy menceritakan, 14 karya yang ia pajang ini merupakan refleksi perjalanan hidupnya sejak 2015. “Nyala Keruh adalah refleksi diri saya, dari macrocosmos menjadi microcosmos, ada semangat, ada ketenangan, dalam menjalani hidup,” kata Rendy, di sela acara pembukaan pameran tersebut.

Seniman Rendy Mahardika Gelar Pameran Foto 'Nyala Keruh' di Kedai Kopi Fase (1)
Pengunjung mengamati karya foto milik Rendy Mahardika yang dipamerkan di Kedai Kopi Fase. Foto: Leo Prima/Hi!Pontianak

Karya-karya foto tersebut dikurasi oleh Naufal Aulia. Menurutnya, dalam karya tersebut, Rendy bercerita tentang dua hal yang berbeda namun memiliki keterikatan. “Nyala melambangkan semangat api dan cahaya, sedangkan Keruh menggambarkan air yang penuh ketenangan,” katanya.

Karya-karya foto tersebut, lanjut Naufal, juga diinterpretasikan kembali oleh dua seniman Pontianak lainnya. Seniman bunyi Nursalim Yadi Anugrah kemudian membuat karya berjudul Mataando Tubuu’. Sedangkan Rofi Muhammad membuat karya syair bertajuk Children of Universe.

Seniman Rendy Mahardika Gelar Pameran Foto 'Nyala Keruh' di Kedai Kopi Fase (2)
Kurasi pameran foto Nyala Keruh, Naufal Aulia. Foto: Leo Prima/Hi!Pontianak

“Pameran ini menjadi bagian kecil dari pesan mengenai fatamorgana antara air dan api, semangat dan ketenangan, diri dan lingkungan, kemungkinan dan kenyataan, serta berbagai macam kata ganti lainnya, untuk membuka wacana baru dari wujud air dan api,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular