Thursday, April 18, 2024
spot_img

Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini Sebelum Menikah

Hi!Pontianak – Menikah dengan pasangan tersayang merupakan impian banyak orang. Menjelang hari pernikahan biasanya pasangan sibuk mempersiapkan vendor, katering, dan hal lainnya agar resepsi pernikahan berjalan dengan baik. Namun, ada yang lebih penting untuk kamu dan pasangan persiapkan sebelum menikah yaitu, tes kesehatan pra nikah.

Tes kesehatan pra nikah merupakan tindakan pencegahan yang wajib dilakukan agar mencegah terjadinya masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan, dan keturunan. Mengutip dari kanal YouTube Dokter Clarin Hayes, berikut tes kesehatan yang perlu dilakukan sebelum menikah. Di antaraya:

1. Tes Golongan Darah atau Rhesus

Tes kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan rhesus pada kedua pasangan. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran, cacat bawaan, dan kematian janin jika suatu hari Ibu memiliki calon bayi.

2. Tes Hematologi

Tes hematologi dilakukan mulai dari tes darah lengkap hingga komponen lain seperti tes gula darah, kolestrol, asam urat, dan lainnya. Tes gula darah penting dilakukan untuk mengetahui apakah calon wanita memiliki risiko terkena diabetes gestional.

Hal ini perlu perlu diperiksa karena akan menjadi risiko pada kehamilan saat menjalani persalinan nantinya. Selain itu, tes hemoglobin juga penting dilakukan untuk mengetahui apakah kedua pasangan memiliki riwayat anemia dan thalasemia.

3. Tes HIV dan IMS

Setelah menikah, tentu kedua pasangan akan berhubungan intim. Maka dari itu, penting dilakukan tes HIV dan IMS untuk mengetahui kesehatan seksual diri sendiri dan pasangan. Perlunya dilakukan tes kesehatan seksual karena terdapat beberapa penyakit menular seksual yang tidak menimbulkan gejala.

Jika dibiarkan begitu saja maka akan mengganggu kesuburan calon pria dan wanita. Tes yang bisa dilakukan melalui pemeriksaan darah adalah HIV, hepatitis, sifilis, herpes, gonore, dan HPV.

4. Tes TORCH

Pemeriksaan TORCH terdiri dari toksoplasmosis, cytomegalovirus, herpes simplex, HSV, dan rubella. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah calon wanita mengidap TORCH yang akan menimbulkan cacat janin, keguguran, bahkan kematian janin pada calon bayi nanti.

5. Tes Kesuburan

Tes kesuburan penting dilakukan untuk melihat apakah organ reproduksi calon pria dan wanita mendukung untuk mengalami kehamilan secara alami. Untuk wanita bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah terdapat kista, mioma, tumor, dan lainnya. Sedangkan untuk pria bisa dilakukan dengan tes analisa sperma.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular