Sunday, May 19, 2024
spot_img

Kenalkan Destinasi Wisata Budaya Tionghoa Lewat Rumah Hakka Kalbar

Pontianak Today – Terdapat satu bangunan menarik di provinsi Kalimantan Barat yang memberikan vibes ala Negeri Tiongkok, yaitu Rumah Hakka.

Rumah Hakka Kalbar terletak di Jalan Hakka, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Tepatnya searah dengan Maitreyawira School Kalbar.

Rumah Hakka juga sering disebut Tulou 土楼, yakni rumah bumi yang dibangun oleh suku Hakka dan menjadi seperti benteng pertahanan. Fujian Tulou sendiri merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang dibangun dari abad ke-12 sampai 20 Masehi dan sudah menjadi bagian dari situs warisan budaya dunia sejak tahun 2008.

Tulou merupakan bangunan bertingkat seperti benteng yang berbentuk bulat dan dibangun dari campuran tanah liat dan tanah berpasir. Demi mempertahankan orisinalitas material bangunan, seluruh bangunan rumah Hakka Kalbar ini dibuat dengan batu bata asli tanpa plester yang berasal dari tanah kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Berbeda dengan rumah Tulou di Tiongkok, rumah Hakka Kalbar hanya diperuntukkan sebagai tempat penyelenggaraan acara suku Hakka 客家 atau Khek.

Fungsi utama Tulou adalah sebagai tempat tinggal dan area pertahanan dengan struktur bangunannya yang mendukung kesetaraan dan persatuan sebagai keluarga.

Lantai pertama dari rumah Hakka digunakan sebagai ruang makan atau dapur, lantai kedua digunakan sebagai toko bahan makanan, dan lantai ketiga digunakan sebagai kamar tidur.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular