Wednesday, May 29, 2024
spot_img

Kapuas Hulu Gempa, Warga Rasakan 2 Kali Guncangan

Pontianak Today – Gempa mengguncang Desa Teluk Sindur, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu pada Senin (25/3/24) malam setelah beberapa waktu lalu menguncang Desa Nanga Mandai dan Desa Jelemuk.

Warga setempat panik berhamburan ke luar rumah usai merasakan getaran gempa. Guncangan gempa terasa dua kali dalam hitungan detik.

“Heboh guys rumah goyang dua kali, Teluk Sindur warga keluar semua,” ungkap warga.

Berdasarkan rilis dari BMKG, gempa Kapuas Hulu berkekuatan 4.3 magnitudo. Kejadiannya pukul 18:54:24 WIB, Lokasinya :1.14 LU,113.00 BT (34 km Barat Laut KAPUASHULU-KALBAR), Kedlmn:10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya dalam rilis yang dibagikan BMKG menyampaikan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut,” kata Tony.

Hingga hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:22:10 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” imbau BMKG.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular