Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Gempa Diketapang, Warga Kendawangan : Kayak ada Truk Lewat Depan Rumah

Hi!Pontianak – Gempa berkekuatan 5 magnitudo terjadi di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Jumat pagi, 1 Juli 2022, sekitar pukul 05.13 WIB. Menurut warga Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan, Efenndi Yusuf, ia sempat merasakan getaran akibat gempa bumi tersebut.

“Terasa ibarat kayak ada truk lewat depan rumah, getaran buat kita terbangun dan keluar rumah. Warga lainnya banyak keluar rumah,” akunya.

Dia mengaku kejadian sekitar pukul 05.10 WIB, yang mana getaran terasa hanya beberapa detik saja.

“Sejauh ini kalau dari pantauan bangunan tidak ada retak. Hanya saja, warga sempat ke laut, melihat apakah air laut naik apa tidak. Panik, takut terjadi sesuatu atau gempa susulan,” terangnya.

Baca Juga :

Gempa Guncang Ketapang Kalimantan Barat

Sementara itu, Camat Kendawangan, Eldiyanto, mengaku kalau dari informasi saat ini tidak ada korban jiwa atau bangunan rusak akibat gempa tersebut.

“Untuk saat ini, dari pantauan dan hasil kordinasi dengan pihak kades-kades, belum ada informasi bangunan atau rumah warga terdampak. Korban jiwa juga tidak ada,” akunya.

Dia melanjutkan, kalau gempa sudah dua kali terjadi di Kendawangan. Pertama pada 2016, yang guncangannya lebih besar dari ini. “Ini guncangannya tidak sebesar tahun 2016 lalu, tapi kita harus tetap waspada,” akunya.

Dia mengimbau agar masyarakat untuk tidak panik, dan tidak menyebarluaskan informasi yang belum tentu kebenarannya, dan terus berkoordinasi dengan sesama masyarakat dan pihak desa. “Semoga tidak ada gempa susulan,” harapnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular