Thursday, May 23, 2024
spot_img

Gempa di Kapuas Hulu Guncang Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday

Pontianak Today – Gempa bumi dikabarkan mengguncang Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday di Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Selasa (19/3/24). Gempa tersebut berlangsung selama tiga kali di hari yang sama yakni pukul 14.00 WIB, 20.00 WIB dan 21.00 WIB.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangsuma Kapuas Hulu, Ridwan Nugraha menungkapkan bahwa gempa bumi yang terjadi bersifat lokal akibat adanya pergeseran lempeng bumi.

“Guncangan yang terjadi itu gempa yang bersifat lokal adanya pergeseran lempeng bumi dan kami imbau masyarakat untuk tetap siaga, karena dikhawatirkan terjadi gempa susulan,” ujarnya.

Kekuatan guncangan gempa belum dapat dianalisa lantaran titik sensor gempa yang kurang dan berjauhan. Pihaknya masih terus berkoordinasi agar dapat segera melakukan analisa.

“Dari informasi pihak kepolisian yang kami terima tadi, guncangan gempa cukup kuat sampai menggetarkan kaca rumah, jika dibilang berbahaya memang cukup berbahaya, apalagi jika menyebabkan bangunan rumah roboh, jadi kami minta warga tetap siaga,” imbaunya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular