Sunday, May 19, 2024
spot_img

Formasi CPNS, Pemerintah: Butuh 600 Ribu Fresh Graduate

Pontianak Today – Kabar terbaru perihal formasi rekrutmen CPNS 2024 disampaikan oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Disebutkan, terdapat formasi rekrutmen CPNS khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahun ini. Pengisian formasi CPNS tersebut diprioritaskan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Azwar mengatakan formasi yang diberikan ke fresh graduate biasanya hanya untuk 6.000 atau 10 ribu orang. Namun, di tahun ini, kuota CPNS untuk fresh graduate melonjak hingga 600 ribu orang.

“Secara komprehensif membutuhkan kurang lebih 600 ribu fresh graduate. Anak-anak muda yang nanti akan ikut tes seleksi terbuka, transparan,” jelas Azwar dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada lagi istilah ‘orang dalam’ ataupun ‘ASDP’ (anak, saudara, dan ponakan) dalam proses tes seleksi.

“Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo) memerintahkan kepada kami diminta mempersiapkan dari 600 ribu ada 200 ribu ASN yang akan masuk ke IKN. Jadi sejak dia daftar, langsung dia ngisi akan ke IKN,” terang Azwar.

Lebih lanjut, Azwar menuturkan tak ada lagi alasan bagi CPNS untuk menolak kepindahan ke IKN setelah ditempatkan. Ia menekankan proses seleksi sangat ketat dan CPNS yang terpilih adalah seseorang yang memiliki kemampuan multitasking dan semacamnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular