Friday, June 21, 2024
spot_img

ASRI dari Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Ashden Award 2022

Hi!Pontianak – Rabu, 2 November 2022, Alam Sehat Lestari (ASRI) dinobatkan sebagai pemenang pertama dalam penghargaan bergengsi Ashden Awards kategori Natural Climate Solutions untuk kerja ASRI membantu masyarakat lokal mendapatkan mata pencaharian berkelanjutan sambil menjaga hutan.

Ashden Awards yang digelar setiap tahun menampilkan inisiatif-inisiatif terobosan dari para pelopor iklim yang menunjukkan hal-hal apa saja yang mungkin dilakukan untuk beralih ke masa depan rendah karbon yang lebih adil.

Untuk memaksimalkan dampak, badan amal solusi iklim tersebut juga menjalin hubungan dengan penyandang dana, investor, pembuat kebijakan, dan lainnya, dengan menyediakan sebuah platform global untuk menampilkan kerja para pelopor iklim tersebut.

Terpilihnya ASRI di antara lebih dari 200 organisasi yang mendaftar karena metode pendekatan Radical Listening-nya yang unik dalam mengidentifikasi solusi dari deforestasi, perlindungan, dan regenerasi hutan hujan dan keanekaragaman hayati. Dengan menempatkan masyarakat lokal di garis depan sebagai pemegang kunci solusi.

Solusi ini mencakup pemberian pelayanan kesehatan masyarakat, pelatihan pertanian organik, dan pendidikan, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia sekaligus alam yang sehat dan lestari.

Kambing untuk janda merupakan alah satu program ASRI. Foto: Dok. ASRI
Kambing untuk janda merupakan alah satu program ASRI. Foto: Dok. ASRI

“Penghargaan Ashden sangat kompetitif, dan ASRI menjadi satu-satunya organisasi penerima penghargaan yang berasal dari Asia. Penghargaan ini merupakan suatu penghormatan kepada masyarakat lokal yang mana program-program ASRI adalah solusi yang lahir dari masyarakat, dan tentunya penghargaan untuk pemerintah yang memimpin upaya konservasi, serta para donor, dan suporter yang telah mendukung pekerjaan ini,” kata Nur Febriani, Direktur Eksekutif ASRI dalam keterangan tertulis yang diterima Hi!Pontianak, Kamis, 3 November 2022.

Ia berharap, penghargaan tersebut dapat memunculkan kesadaran akan kemampuan masyarakat lokal dalam melindungi dunia dari efek pemanasan global.

“Harapan kami adalah agar penghargaan ini memunculkan kesadaran global akan kemampuan masyarakat lokal dalam melindungi dunia kita dari efek pemanasan global melalui pengelolaan hutan yang efektif, dan tentang pentingnya pendekatan holistik untuk memastikan hutan yang sehat dan juga masyarakat yang sehat,” harapnya.

Didirikan pada tahun 2007, ASRI bersama mitra Health In Harmony dan masyarakat sekitar bergerak untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menjaga ekosistem hutan hujan tropis sehingga hutan sehat, masyarakat sehat.

Melalui Radical Listening, ASRI mengidentifikasi bahwa kurangnya akses untuk memperoleh pelayanan kesehatan sebagai salah satu penyebab utama masyarakat menebang pohon dan telah bekerja untuk mendirikan klinik. Di mana para tenaga profesional medis setempat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, mencakup pelayanan ibu dan bayi serta pelayanan kesehatan gigi dan mata, di samping pelayanan kesehatan primer.

Untuk memastikan pelayanan dapat diakses, pasien dapat membayar secara tunai, non-tunai dan BPJS. Pembayaran pengobatan secara non-tunai misalnya adalah dengan bibit pohon, kerajinan tangan, pupuk organik, ataupun bekerja. Pasien juga menerima potongan biaya untuk perawatan medis jika mereka atau masyarakat di dusun mereka berkomitmen untuk menjaga hutan.

Selain layanan kesehatan, ASRI menyediakan pelatihan pertanian organik, dukungan mata pencaharian alternatif melalui program Kambing untuk Janda dan Chainsaw Buyback/Tukar Chainsaw, serta program pendidikan yang menyasar remaja dan anak-anak yang tinggal di sekitar hutan.

Harriet Lamb, CEO dari Ashden, yang berkantor di Inggris yang menyelenggarakan penghargaan tahunan tersebut, mengatakan melalui penghargaan tersebut pihaknya bangga untuk merayakan dan mempromosikan solusi-solusi iklim inovatif yang akan mewujudkan masa depan yang rendah karbon.

“Menjelang perundingan iklim COP 27 yang penting di Mesir, para pemimpin dunia harus duduk, memberikan perhatian, dan menyediakan dana yang memadai untuk meningkatkan atau menyebarluaskan teladan-teladan solusi iklim kreatif yang luar biasa ini,” kata Harriet Lamb.

Sejak ASRI berdiri, konsep Radical Listening dan pendekatan interseksional ini telah dicontoh di Bukit Baka Bukit Raya, di Indonesia, Hutan Manombo di Madagaskar di Afrika, dan wilayah Terra Do Meio di hutan hujan Amazon di Brazil.

Mantan logger yang beralih menjadi peternak madu kelulut di program Tukar Chainsaw. Foto: Dok. ASRI
Mantan logger yang beralih menjadi peternak madu kelulut di program Tukar Chainsaw. Foto: Dok. ASRI

Penghargaan Ashden untuk kategori Natural Climate Solutions, yang saat ini memasuki tahun ketiga, berupaya untuk menemukan dan memperjuangkan inisiatif-inisiatif yang dipimpin oleh masyarakat lokal demi mengurangi kemiskinan melalui penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Selain itu juga mendukung masyarakat untuk menjadi pengelola hutan yang efektif dan melindungi keanekaragaman hayati.

“Dunia saat ini mengakui bahwa penduduk lokal adalah penjaga hutan dunia terbaik. Keahlian lokal dan praktik tradisional mereka memberikan solusi yang membuahkan hasil,” ungkap Giles Bristow, Direktur Program Ashden.

Ashden, sebuah badan amal Inggris telah menyoroti solusi iklim transformatif selama lebih dari 20 tahun melalui program penghargaan bergengsi mereka, terutama melalui solusi yang berfokus pada energi.

Untuk diketahui, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan planetari di Kalimantan. ASRI mengintegrasikan pelayanan kesehatan dengan pelestarian hutan bernilai konservasi tinggi untuk mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera, dan alam lestari. ASRI terus mendukung upaya pemerintah melestarikan hutan, serta menginspirasi dunia dengan pelayanan kesehatan berbasis konservasi hutan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular