Sunday, May 19, 2024
spot_img

Aksi Kolaborasi Yayasan AHM dan Generasi Muda Bangun Negeri

Hi!Pontianak – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur, dan memperkuat dukungan pada peningkatan kualitas kontribusi generasi muda dalam membangun negeri Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Memiliki Tema “Satu Hati Bersinergi Membangun Negeri”, KKN Tematik Satu Hati mengajak mahasiswa KKN untuk mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat dalam berbagai program unggulan seperti penanganan sampah hingga pengembangan perekonomian masyarakat desa.

Yayasan AHM melalui seleksi Sustainable Development Goals (SDGs) Future Leaders, bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai ide kreatif dari sekitar 30 tim yang terpilih akan didukung Yayasan AHM secara pendanaan maupun pembinaan.

Menggandeng Universitas Jember (UNEJ) dan pemerintah Kabupaten Jember, KKN Tematik Satu Hati dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Informasi UNEJ – Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D., Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin dan Bupati Jember yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Jember Harry Agustriono, ATD., MT.

Komitmen untuk berkontribusi pada pembangunan daerah diperkuat melalui penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama Yayasan AHM dengan UNEJ dalam bidang penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Berbagai program akan dijalankan oleh para mahasiswa bersama masyarakat, seperti mencegah pencemaran lingkungan dan pemanfaatan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah. Dalam bidang perekonomian, Yayasan AHM bersama para mahasiswa juga mengembangkan program budidaya magout dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan selaras dengan tujuan SDGs, kolaborasi bersama berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa selama melakukan pengabdiannya kepada masyarakat yang memiliki dampak berkelanjutan.

“Kami ingin para mahasiswa dapat terjun langsung mendampingi masyarakat desa Semboro dengan program-program inovatif yang memberikan nilai ekonomi dengan bersinergi bersama berbagai pihak, sehingga hasil yang diperoleh semakin optimal dan dapat terus dikembangkan ke depannya,” kata Muhib.

Selain itu, para mahasiswa KKN juga dibekali dengan pelatihan safety riding dan pembentukan komunitas Dewan Riset Sekolah (DRS) untuk menjadi role model dan agent of change di lingkungan masyarakat.

SDGs Future Leaders
Selain KKN Tematik Satu Hati, Yayasan AHM konsisten mencari generasi penerus bangsa yang kompeten dan siap mengabdi bagi masyarakat melalui program SDGs Future Leaders. Kegiatan ini menjadi harapan bersama dalam mewujudkan aksi nyata dengan membangun daerah melalui ide kreatif yang mampu memberikan dampak bagi masyarakat secara berkelanjutan.

Menyaring 30 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, sebanyak 5 tim dengan total 24 mahasiswa akan menjalankan programnya SDGs Future Leaders di masing-masing daerah sepanjang AprilDesember 2024 dengan dukungan dana dari Yayasan AHM. Selain itu Yayasan AHM juga memberikan apresiasi kepada tim terbaik yang telah menjalankan program terbaiknya pada tahun lalu.

Pada tahap penjurian akhir, para peserta bersaing memaparkan program kontribusi sosial terbaiknya yang selaras dengan 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) di depan para juri yang kompeten di bidangnya. Para juri menilai secara komprehensif mulai dari latar belakang masalah dan pemberian alternatif solusi, keunikan program, serta peran mahasiswa saat berpartisipasi di masyarakat sehingga memberikan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial.

“Melalui program SDGs Future Leaders, kami berharap semangat Sinergi Bagi Negeri dari para mahasiswa mampu mewujudkan ide kreatif dalam upaya membangun negeri melalui berbagai program yang berdampak untuk masyarakat, terukur, mampu telusur dan berkelanjutan,” tutup Muhib.

Yayasan AHM secara simbolis juga menyerahkan Beasiswa Pendidikan 2024 bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air dengan total senilai Rp984 juta. Beragam program ini didukung oleh PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, serta jaringan bisnis dan sepeda motor Honda PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai Main Dealer regional Jawa Timur & NTT.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular