Thursday, May 23, 2024
spot_img

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Puasa

Pontianak Today – Umat Muslim akan menyambut bulan suci Ramadan dan berpuasa selama satu bulan penuh.

Dalam menjalankan ibadah puasa, masih terdapat cukup banyak kesalahan yang sering dilakukan umat Muslim sehingga berpengaruh terhadap kondisi tubuh tanpa disadari. Lantas, apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Berikut adalah tujuh daftar kesalahan yang sering dilakukan saat puasa.

1. Minum teh hangat atau kopi saat sahur

Saat waktu sahur tiba, kita tidak disarankan untuk meminum teh hangat ataupun kopi karena kedua minuman tersebut dapat membuat beser (overactive bladder) di pagi hari. Hal ini juga membuat cairan tubuh terbuang dan tubuh menjadi lemas di siang harinya.

2. Minum terlalu banyak saat sahur

Sama seperti sebelumnya, tubuh kita tidak membutuhkan banyaknya air minum yang dikonsumsi saat sahur karena dapat menimbulkan beser, cairan terbuang, dan kondisi tubuh lemas. Minum air secukupnya saja saat sahur, tidak perlu terlalu banyak.

3. Tidur atau rebahan setelah sahur

Seusai makan, terutama setelah waktu sahur, kita dianjurkan untuk tidak langsung rebahan atau tidur karena dapat memicu risiko refluks, risiko gerd meningkat, dan lambung terasa sakit. Usahakan untuk melakukan aktivitas lain atau hindari posisi berbaring setelah makan.

4. Makan terlalu banyak saat berbuka

Masih cukup banyak orang yang berbuka puasa dengan beragam makanan berat. Nyatanya, anjuran untuk mengonsumsi makanan padat kalori dan berserat itu dilakukan pada saat sahur, sedangkan saat waktu berbuka hanya perlu mengonsumsi makanan ringan saja.

5. Melewatkan jam sahur

Ketika seseorang telat bangun dan sudah mendekati waktu imsak, seringkali mereka melewatkan jam sahur. Bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidak sahur dan langsung menjalankan ibadah puasa dengan membaca niat saja. Hal ini merupakan kesalahan yang harus dihindari karena dapat membuat risiko nutrisi harian tubuh tidak tercukupi dan menimbulkan risiko sakit lambung.

6. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat

Kita tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak saat sahur. Konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat membuat tubuh merasa lebih cepat lapar di pagi hari dan tubuh merasa lemas pada siang harinya.

7. Tidak berolahraga selama puasa

Tidak melakukan olahraga selama berpuasa justru dapat membuat tubuh menjadi lebih lemas. Tidak berolahraga membuat otot tubuh berisiko mengecil, tubuh lebih mudah lemas, pusing, pegal, hingga sering mengantuk.

Demikian kesalahan-kesalahan saat puasa yang sering dilakukan. Yuk, kita hindari kesalahan tersebut agar ibadah puasa yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular