Thursday, May 23, 2024
spot_img

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Pontianak Today – Selama menjalankan puasa, mulut menjadi lebih mudah kering sehingga dapat menyebabkan kurangnya produksi air liur.

Kurangnya air liur akan membuat bakteri berkembang lebih pesat di mulut sehingga menghasilkan gas dalam jumlah banyak dan bisa menimbulkan bau kurang sedap. Namun, tidak perlu khawatir, kamu dapat melakukan beberapa tips untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Coba, yuk!

1. Cukupi kebutuhan cairan selama buka dan sahur

Mencukupi kebutuhan cairan akan membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga dapat mencegah munculnya aroma yang kurang sedap.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa menggunakan metode 2-4-2, yaitu minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air setelah berbuka hingga menjelang waktu sahur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Gunakan obat kumur

Kamu juga dapat menggunakan bantuan bahan lain yakni dengan memakai obat kumur. Mouthwash atau obat kumur mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga dapat mencegah munculnya aroma kurang sedap.

3. Hindari makanan manis saat berbuka atau sahur

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula berpotensi lebih besar membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang pesat, terlebih jika kamu tidak menyikat gigi dan mencuci mulut setelah makan.

Selain makanan manis, mengonsumsi makanan berbau tajam, seperti petai, jengkol, ataupun bawang saat sahur juga dapat menimbulkan bau mulut selama berpuasa.

4. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi 6 bulan sekali

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin, disarankan selama 6 bulan sekali, akan memberikan perawatan gigi secara tepat karena langsung dikontrol oleh ahlinya.

Perawatan yang tidak tepat berisiko memperparah berbagai permasalahan gigi, seperti gigi berlubang, karang gigi, radang gusi, dan gusi berdarah.

5. Menjaga kesehatan gusi

Bau mulut juga dipicu oleh masalah pada gusi, seperti periodontitis dan gingivitis. Aroma tidak sedap tersebut bisa berasal dari tumpukan bakteri di dasar gigi.

Agar mulut tidak menimbulkan bau yang kurang sedap saat puasa, sebaiknya kamu segera obati permasalahan pada gusi maupun keluhan rongga mulut lainnya kepada dokter gigi.

6. Perbanyak asupan buah dan sayur

Buah dengan kandungan vitamin C, seperti nanas dan jeruk, merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi air liur. Apabila produksi air liur selama puasa tetap terjaga dengan baik, maka masalah mulut kering pemicu bau mulut akan teratasi.

Selain buah, kamu juga dapat memperbanyak asupan sayuran yang kaya akan vitamin dalam menu berbuka puasa dan sahur, seperti wortel, brokoli, dan bayam.

7. Rutin menyikat gigi

Pastikan kamu rutin menyikat gigi sesudah sahur dan berbuka puasa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di dalam mulut. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi bau mulut.

Usahakan kamu menggunakan sikat gigi yang bisa menjangkau bagian mulut secara keseluruhan, termasuk sela-sela gigi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular