Sunday, May 19, 2024
spot_img

6 Tradisi Lebaran yang Selalu Ada di Indonesia

Pontianak Today – Suasana menuju momen lebaran sudah mulai terasa. Kita bahkan mulai melihat tradisi lebaran yang sudah dan akan dilakukan masyarakat Indonesia.

Kira-kira, ada tradisi apa sajakah itu? Berikut adalah tradisi lebaran yang selalu ada di Indonesia. Simak sampai habis, yuk!

1. Belanja Baju Baru

Tak jarang kita melihat banyak orang mulai berbondong-bondong membeli baju baru untuk dikenakan saat hari raya lebaran. Hal ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia dan bahkan berbelanja baju baru sudah banyak dilakukan sejak awal bulan Ramadan, atau dari jauh-jauh hari sebelumnya.

2. Makan Ketupat

Simbol kebudayaan Nusantara yang satu ini sangat identik dengan nuansa lebaran dan sudah menjadi tradisi turun-temurun di Indonesia. Hidangan ketupat biasanya dimakan menggunakan rendang, opor ayam, dan menu lainnya saat lebaran.

3. Mudik

Memasuki waktu hari raya Idulfitri, tidak sah rasanya jika tidak ada perjalanan mudik untuk pulang ke kampung halaman. Hal ini dilakukan agar seseorang dapat bertemu dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan saudara lainnya ketika momen lebaran tiba.

4. Takbiran

Tradisi unik lainnya yang selalu dilakukan menjelang lebaran adalah takbiran. Takbiran dilakukan pada malam sebelum hari lebaran dengan mengumandangkan takbir di setiap masjid ataupun dengan cara melakukan takbir keliling di sepanjang jalan.

5. Tunjangan Hari Raya (THR)

Tunjangan Hari Raya alias THR juga menjadi salah satu tradisi yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran. THR sendiri mirip dengan angpao yang merupakan tradisi bagi-bagi uang dengan beragam nominal yang telah ditentukan oleh si ‘pemberi THR’.

6. Ziarah Kubur

Selain melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman, biasanya masyarakat Indonesia mengunjungi leluhur mereka yang sudah meninggal dunia. Pelaksanaan ziarah kubur dilakukan dengan membacakan doa dan menaburkan bunga di atas kuburan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular